Kerjasama PIP, Dinas Perikanan Kembali Gelar Diklat Bagi Nelayan dan Keluarganya di Palopo

158

PALOPO–Pemerintah Kota Palopo melalui dinas perikanan dan kelautan bekerjasama dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar kembali akan menggelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BST KLM) bagi nelayan dan keluarga nelayan di kota Palopo.

Rencananya, Diklat selama lima (5 ) hari tersebut akan dilaksanakan mulai Senin, 17 Februari 2020, di Hotel Atriam, Jl. Imam Bonjol 2, Pattene, Wara Utara, Kota Palopo.

Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH, melalui Kepala Dinas Perikanan kota Palopo, Nurlaely, menyampaikan bahwa melalui diklat BST ini, akan diberikan ilmu, pemahaman terkait keselamatan di laut kepada keluarga dan masyarakat nelayan di kota idaman ini.

“Dengan pemahaman yang diperoleh dari diklat ini, nelayan dapat lebih menjaga diri dalam bekerja agar selalu aman,” ungkap walikota yang disampaikan Nurlaely.

“Manfaatkan ini. Karena jika kita ikut (pelatihan BST) diluar, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kali ini kita dapat rejeki, kita dapat gratis,” ungkap Nurlaely meneruskan pesan walikota.

Lebih lanjut, Nurlaely menambahkan bahwa diklat BST bagi nelayan itu adalah perintah walikota. Kami (dinas perikanan) diperintahkan untuk berkoordinasi dengan PIP Makassar. Jadi kami memfasilitasi, menyiapkan peserta. Jika sudah siap, PIP Makassar akan langsung melakukan pelatihan, kata Nurlaely.

“Ini sudah tahun kedua kerjasama kita dengan PIP Makassar terkait pelatihan BST ini. Karena animo masyarakat yang tinggi maka kita usulkan lagi untuk kita laksanakan di kota Palopo. Kita prioritaskan bagi nelayan dan keluarga nelayan yang belum pernah ikut pelatihan BST,” ujar Kadis Perikanan.

Semua, pemeriksaan (pemberkasan dan pemeriksaan kesehatan) dilakukan tim PIP Makassar. Jadi kami hanya memfasilitasi saja, dan semua ini tidak dipungut biaya,” jelas Nurlaely, saat ditemui di kantornya, Jum’at, 14/2/2020. (hms/iys)