Kerjasama PT Vale Indonesia-Pemkab Luwu Timur, Gerai UTD Sorowako Diresmikan

132
Gerai Unit Transfusi Darah (UTD) Sorowako telah diresmikan operasionalnya. (Dok. PT Vale Indonesia)
ADVERTISEMENT

LUTIM — Gerai Unit Transfusi Darah (UTD) Sorowako telah diresmikan operasionalnya, Jumat (11/2/2022), di Sorowako, Luwu Timur.

Peresmian UTD Sorowako terselenggara atas Kerjasama antara PT Vale Indonesia, Pemkab Luwu Timur, RS Primaya Inco Sorowako dan RSUD I Lagaligo.

ADVERTISEMENT

Bupati Luwu Timur, Budiman hadir secara khusus meresmikan UTD Sorowako tersebut. Hadir pula, perwakilan manajemen PT Vale Indonesia Tbk, Direktur External Relations dan Corporate Affairs PT Vale Indonesia, Endra Kusuma.

Pada kesempatan tersebut, Budiman menyampaikan rasa terima kasihnya pada manajemen PT Vale Indonesia Tbk atas partisipasinya dalam mendukung hadirnya UTD.

ADVERTISEMENT

“Alhamdulillah, UTD ini bisa diresmikan meski memang awalnya saya mengira untuk menghadirkan UTD itu sangat mudah. Rupanya, alat untuk menghadirkan UTD khususnya untuk menghasilkan trombosit mahal. Namun, berkat dukungan PT Vale bisa diwujudkan. Terima kasih atas dukungan PT Vale,” ujarnya.

Dia berharap, hadirnya UTD tersebut tidak lagi membuat masyarakat kesusahan mencari tempat untuk memenuhi kebutuhan trombosit, apalagi nantinya kedepan keberadaan fasilitas tersebut akan ditopang dengan hadirnya fasilitas pendukung donor darah lainnya.

Andil PT Vale dalam menghadirkan Unit Transfusi Darah tersebut dalam rangka mendukung program pemerintah Kabupaten Luwu Timur, dalam memberikan akses dan kemudahan untuk pelaksanaan transfusi darah bagi karyawan PT. Vale dan masyarakat di sekitar blok/site sorowako, kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur.

Peresmian UTD ini sebagai bentuk sosialisasi terkait pengadaan unit transfusi darah yang berfungsi untuk memberikan akses dan kemudahan dari masyarakat untuk melaksanakan transfusi darah.

Secara teknis, operasional Gerai UTD Sorowako dimulai dari Senin hingga Jumat, Pukul 08.00 wita dan bisa dilakukan Oncall 24 jam jika diperlukan. Sementara, alat pemisah komponen darah yang disiapkan di Gerai UTD Sorowakp dalam setiap 7 menit dapat memproses sebanyak 4 kantong darah. (rls)

ADVERTISEMENT