Ketua Gerbang Tani Sebut Cak Imin Layak Masuk Bursa Calon Presiden 2024, Ini Alasannya

72
ADVERTISEMENT

JAKARTA–Nama Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar melejit dalam poling online Sindonews mencari Calon Presiden 2024.

Poling digelar pada 24 November 2020 lalu, total responden yang sukses terjaring hingga akhir Desember ini mencapai 3.244 orang.

ADVERTISEMENT

Pria yang akrab dipanggil Cak Imin ini langsung merangsek di posisi tiga menggeser tokoh kuat lainnya yaitu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta tokoh politik muda Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) .

Ketiganya mendapat presentase masing-masing 11%,8% serta 5%. Lain halnya dengan Prabowo Subianto, pada awalnya menduduki posisi tiga, kali ini terlempar dari deretan top 5. Menteri Pertahanan ini berada di urutan enam dengan prosentase 4%.

ADVERTISEMENT

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia (Gerbang Tani) Idham Arsyad mengatakan, Cak Imin layak masuk bursa calon Presiden 2024, bukan hanya soal popularitasnya, akan tetapi juga komitmen dan pemihakannya yang kuat terhadap persoalan kebangsaan dan kenegeraan yang sedang dihadapi oleh Bangsa Indonesia.

“Selama pandemi, sebagai Wakil Ketua DPR, Cak Imin aktif dan terjun langsung mengawal agar program Pemerintah benar-benar berjalan dan tepat sasaran agar dapat meringankan beban rakyat, terutama yang miskin dan marginal,” jelasnya.

Idham Arsyad menambahkan, Gus AMI juga rajin melakukan kunjungan dan berdialog dengan masyarakat.

Ada tiga hal yang menjadi perhatian Cak Imin yakni: Pertama, bagaimana menyelamatkan kehidupan petani dan nelayan yang terdampak covid19 harus mendapatkan prioritas pemulihan ekonomi karna covid-19.

Perhatian terhadap sektor pertanian tersebut sangat urgent karena menjadi sektor penolong ekonomi Indonesia pada saat krisis seperti sekarang.

Kedua mendorong agar UMKM bisa tumbuh dengan dukungan dari pemerintah, dan yang ketiga adalah agar pendidikan terus berjalan dalam situasi pandemi.

“Menurut saya tiga isyu yang diusung oleh Gus AMI menunjukkan kemampuan beliau melihat problem utama yang dihadapi oleh rakyat, dan juga menunjukkan komitmennya terhadap kaum lemah dan masyarakat miskin sangat tinggi,” tegasnya.

Sementara itu dalam Polling Sindonews tersebut menempatkan Ganjar Pranowo tetap di urutan nomor satu dengan perolehan suara 37%. Meski secara presentase mengalami penurunan 14% dibanding periode yang lalu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertahan di posisi kedua sebagai tokoh yang digadang-gadang bakal menjadi Capres 2024. Anies Baswedan dipilih oleh 22% respoden. (*/iys)

ADVERTISEMENT