Kian Mencemaskan, Hari Ini Empat Lagi Pasien Covid-19 di Palopo Menghadap Ilahi, Dalam 3 Hari Rekor 9 Kasus MD

1526
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM —  Pelan tapi pasti, kasus immortal atau kematian akibat penyakit berbahaya yang ditularkan oleh virus mahkota alias corona, semakin membuat warga Palopo ketar-ketir, cemas dan gusar.

Betapa tidak. Dalam tiga hari terakhir, ada 9 kasus pasien covid-19 yang menemui ajal dijemput sakratul maut.

ADVERTISEMENT

Kota Idaman, yang bukan lagi zona oranye, sejak tiga hari lalu, selalu didera kabar buruk soal penyakit yang kasusnya di Tanah Air, hampir setiap hari selalu dihiasi berita soal “Pecah Rekor”.

Tabel 1. Mortality harian akibat Covid-19 di kota Palopo, Sulsel (Litbang Koran Seruya)

Juru Bicara Satgas Covid-19 Palopo, dr Ishaq Iskandar, dengan suara lemas saat dikonfirmasi kembali membenarkan, jika ada 4 kasus meninggal dunia (MD) terbaru hingga pukul 16.00 Wita sore hari ini, berdasarkan hasil update data mutakhir Dinas Kesehatan kota Palopo itu.

ADVERTISEMENT

“Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun, hari ini ada 4 warga Palopo yang berpulang akibat Corona. Mereka adalah 1 orang warga kecamatan Wara, 1 pasien warga Wara Barat dan 2 orang warga kecamatan Bara,” tutur Jubir lirih, Jumat 30 Juli 2021.

Sedangkan kasus sembuh tercatat pada hari ini ada 19 kasus. Sementara kasus aktif jumlahnya 32 kasus sehingga angka positif covid-19 di Palopo naik lagi, dari 1799 pada Kamis kemarin, menjadi 1853 pada hari ini.

ADVERTISEMENT

Dan jumlah yang meninggal dunia, pada Kamis kemarin hanya 70 kasus, pada hari ini akumulasinya naik lagi menjadi sebanyak 74 kasus MD. (lihat tabel)

“Perbanyak jaga imun, perbanyak berdoa, patuhi protokol kesehatan, jangan kepala batu dan sayangi diri sendiri serta keluarga anda masing-masing. Paling penting pakai masker dalam kondisi apapun,” pesan dr Ishaq.

Diketahui, Walikota Palopo HM Judas Amir bersama unsur Forkominda Palopo telah mengeluarkan surat edaran terkait penerapan PPKM level 4 per tanggal 26 Juli lalu dan berlaku hingga 2 Agustus mendatang.

Berikut data terbaru Satgas Covid-19 yang berasal dari Dinas Kesehatan Kota Palopo.

(*)

Catatan Redaksi:

Memakai masker masih jadi cara ampuh mencegah penularan COVID-19, jika dipakai dengan benar.

Pastikan masker yang dikenakan menutup ketat area hidung, mulut, dan dagu. Tekan bagian atas masker sehingga menutup mengikuti bentuk hidung.

Saat ini direkomendasikan untuk menggunakan masker ganda agar dapat proteksi lebih, yakni mengenakan masker medis dan ditambah dengan masker kain di bagian luar.

Ingat untuk membersihkan tangan terlebih dulu saat memasang masker dan setelah melepas masker. Hindari untuk menyentuh bagian penutup masker saat dikenakan, dan lepas masker dari tali belakang.

Mari saling melindungi dengan tetap disiplin menerapkan 3M dimanapun kita berada!

[ TIM Breaking News ]

 

ADVERTISEMENT