Kiprah Rusli Sunali , Jadi Kandidat Ketua DPRD Luwu, Dua Kali Raih Suara Terbanyak

983
Ketua PPP Luwu, Rusli Sunali

PALOPO — Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Luwu, Rusli Sunali, hampir pasti menjabat sebagai Ketua DPRD Luwu periode 2019-2024. PPP berhasil meraih enam kursi di DPRD Luwu pada pileg April 2019 lalu, meruntuhkan dominasi Golkar yang selama ini berjaya.

Soal calon Ketua DPRD Luwu, ia mengaku sudah mengirimkan usulan ke DPW PPP Sulsel dan DPP PPP untuk mendapatkan persetujuan. ” Semua caleg PPP terpilih namanya dikirim. Terserah partai yang menentukan siapa yang dianggap paling layak,” katanya saat bertandang ke Cafe News SeruYA, Rabu (24/07/2019) sore.

Selain Rusli Sunali, lima caleg PPP terpilih lainnya adalah Muhammad Ibrahim, Hasdir, Syahruddin, Sukma dan Nur Aspina. Rusli sudah duduk tiga periode sebagai legislator. Istimewanya, lelaki kelahiran 5 Mei 1979 ini juga adalah peraih suara terbanyak dengan 5.651 suara. Bukan kali ini saja, pada pileg 2014 silam, ia juga meraih suara terbanyak dengan perolehan lebih dari 5 ribu suara.

Di awal maju pada 2009, suaranya lebih 2 ribu. Saat ditanya kunci suksesnya, dia mengaku selalu dekat dengan konstituen. ” Itu intinya sehingga masyarakat memberikan amanah kepada saya untuk menjadi wakilnya di DPRD Luwu,” katanya.

Rusli bertarung di daerah pemilihan (Dapil) I Luwu meliputi Kecamatan Belopa, Belopa Utara, Bajo, Bajo Barat, Latimojong, Bastem, Bastem Utara dan Kecamatan Kamanre.

Sehari-hari, mantan aktivis mahasiswa ini dikenal sebagai pribadi yang baik dan tidak sombong. Ia akrab dengan semua kalangan dan punya nalar politik yang mumpuni. Berkat kelebihannya itu, setiap perhelatan politik, dia memenangkan pertarungan.

Pada pilkada Luwu 2018 lalu, Rusli ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan calon Bupati/Wakil Bupati Luwu, Basmin Mattayang-Syukur Bijak. ” Saya selalu total dalam bekerja. Tidak setengah-setengah,” katanya. (fit)