KKB Papua Serang Kodim Yahukimo, Dandim Tertembak, Satu Prajurit Gugur

188
ADVERTISEMENT

PAPUA — Aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, kini makin berani. Dari Papua dilaporkan, KKB melakukan penyerangan terhadap markas Kodim 1715 Yahukimo, pada Rabu (01/03/2023) sore. Dalam insiden tersebut, Komandan Kodim (Dandim), 1715/Yahukimo Letkol Johanis Victorianus Tethool, tertembak.

Bukan hanya itu satu prajurit bernama Pratu Lukas Warekba gugur dan dua lainnya juga ikut terluka. Para korban saat ini sudah dievakuasi ke Kota Jayapura. Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Hamim Tohari mengatakan kejadian penyerangan terhadap prajurit Kodim 1705 Yahukimo pada Rabu (1/3/2023) kemarin sore menjadi perhatian khusus KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

ADVERTISEMENT

“Kejadian di Yahukimo menjadi perhatian khusus Bapak KSAD, tetapi tidak semua hal bisa disampaikan kepada publik,” kata Hamim ketika dikutip dari Tribunnews.com, Kamis (2/3/2023). Ia juga memastikan para prajurit yang menjadi korban penyerangan tersebut baik yang gugur maupun yang terluka akan mendapatkan perhatian dan perawatan terbaik.

“Prajurit-prajurit TNI AD yang menjadi korban luka maupun gugur akan mendapatkan perhatian dan perawatan terbaik,” kata dia. Ia menegaskan TNI AD mengecam keras aksi teror yang dilakukan oleh kelompok separatis bersenjata tersebut. Selain itu, kata dia, prajurit TNI AD akan melakukan pencarian serta pengejaran terhadap pelaku.

“Kelompok separatis bersenjata tidak hanya melakukan serangan terhadap anggota TNI, tapi juga terus menerus melakukan teror kepada masyarakat Papua,” kata dia. (*)

ADVERTISEMENT