KKN di Toraja Utara, Mahasiswa UKI Paulus Makassar Promosikan Kain Tenun Khas Balusu

59
UKI Paulus Makassar menggelar Kuliah kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Toraja Utara, Kelurahan Balusu, Dusun Kalumpang (9/8/2022). Kegiatan itu berlangsung kurang lebih satu bulan. (Foto : ist)
ADVERTISEMENT

TORAJA UTARA — UKI Paulus Makassar menggelar Kuliah kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Toraja Utara, Kelurahan Balusu, Dusun Kalumpang (9/8/2022). Kegiatan itu berlangsung kurang lebih satu bulan.

KKN-T UKI Paulus Makassar yang mengusung tema Ekonomi kerakyatan dan Enterpreneurship Toraja Utara yang menjadi spirit bagi para mahasiswa KKN untuk membantu masyarakat dalam aspek meningkatkan perekonomian wilayah Balusu.

ADVERTISEMENT

Adapun Produk UMKM masyarakat Balusu, yang diusung mahasiswa adalah kain tenun khas balusu. Fery sebagai kordinator Kelurahan, menyampaikan selain dari tema KKN yang diamanahkan dari kampus UKI Paulus, tema HUT RI Ke 77 Tahun juga menjadi hal yang penting dalam kami melaksanakan tugas KKN.

“Kain tenun sebagai produk UMKM masyarakat Balusu yang juga sebagai salah satu dari banyaknya budaya yang ikonik di Toraja Utara ini,” ujar Fery.

“Kain tenun kelurahan balusu ini, agak jarang dikenal masyarakat luar Toraja Utara, sehingga kami hadir sebagai mahasiswa KKN. Semoga dapat membantu dalam promosi Kain tenun khas balusu ini,” sambungnya.

Sejak pandemi covid, beberapa sekator perekonomian mengalami penurunan, baik seperti produksi UMKM dan sektor pariwisata, karena beberapa aktivitas dibatasi oleh kebijakan PSBB.

Berangkat dari program pemerintah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Pasca pandemi covid-19 dan tema HUT RI ke 77 Tahun Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat sehingga dibutuhkan sinergi dan kolaborasi.

Osiane selaku Sekertaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toraja Utara mendukung kegiatan mahasiswa KKN UKI Paulus dalam upaya meningkatkan promosi produk UMKM yang ada di kelurahan balusu, karena UMKM sebagai oleh-oleh kepariwisataan adalah support system yang tidak dapat dipisahkan.

“Contohnya Seperti dibeberapa wisata Toraja Utara, ketika ada wisatawan mancanegara maupun lokal yang berkunjung sudah secara pasti mereka membeli oleh-oleh khas Wilayah Wisata tersebut, inilah yang di maksudkan saling menunjang antara UMKM dan Pariwisata,” ungkapnya.

“Selain itu pariwisata yang ada Toraja Utara juga, perlu digalakkan dalam kampanye digital,” tambahnya.

Tentunya dibutuhkan sikap kolaborasi dan sinergi yang kuat antara kelompok mahasiswa KKN UKI Paulus Makassar dengan Dinas pariwisata dan kebudayaan Toraja Utara demi meningkatkan kualitas pariwisata, Budaya dan UMKM kabupaten Toraja Utara. (rls)

ADVERTISEMENT