Kolaborasi Dosen-Mahasiswa IKB KJP Palopo Pencegahan Penyakit Degeneratif di Kelurahan To’Bulung

78
ADVERTISEMENT

PALOPO — Kelompok Dosen dan mahasiswa Program Studi Profesi Ners Institut Kesehatan dan Bisnis Kurnia Jaya Persada (IKB KJP) Palopo, melaksanakan Pengabdian Masyarakat di Kelurahan To’bulung, Palopo, Sabtu (07/10/2023). Pengabdian masyarakat tersebut mengangkat tema ‘Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat : Edukasi dan Deteksi Dini Penyakit Degeneratif.

Diketahui penyakit Degeneratif banyak menyerang warga seperti hipertensi, diabetes melitus, aterosklerosis dan asam urat. ” Kegiatan ini merupakan upaya preventif yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang deteksi dini gejala, komplikasi, dan pencegahan penyakit degeneratif,” kata Dosen IKP KJP, Rezkiyah Hoesny, S.Kep., Ns., M.Kep.

ADVERTISEMENT

Mereka yang terlibat kegiatan ini yakni Dewiyanti, S.Kep., Ns., M.Kes., Maryam Syuaib, S.Kep., Ns., M.Kes., Wildayanti, S.Kep., Ns., M.M.Kep., dan Apt. Abd. Razak, S.Farm., M.Si. Pengabdian masyarakat ini terdiri dari dua kegiatan utama yakni deteksi dini melalui pemeriksaan tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolesterol serta pendidikan kesehatan bagi masyarakat tentang penyakit hipertensi dan artritis gout (asam urat).

” Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa Prodi Profesi Ners yang sedang melaksanakan Praktik Keperawatan Gerontik di Kelurahan To’bulung. Mahasiswa tersebut tengah melaksanakan program kerja yaitu Penyuluhan dan Skrining Kesehatan Lansia untuk Meningkatkan Kesehatan Lansia,” kata Rezkiyah Hoesny. (*)

ADVERTISEMENT