Kominfo Palopo Hadiri Launching Aplikasi Baruga di Makassar

256
Suasana launching aplikasi Baruga versi 2.0 yang merupakan aplikasi pengaduan dan pelayanan masyarakat berbasis android dan website.
ADVERTISEMENT

MAKASSAR – Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistika Provinsi Sulsel menggelar launching aplikasi Baruga versi 2.0 yang merupakan aplikasi pengaduan dan pelayanan masyarakat berbasis android dan website di Command Center Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (23/4/2019).

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Launching aplikasi ini dihadiri langsung oleh Kadis Kominfo Sulsel, Ir. H. Andi Hasbullah M.Si, staf ahli Tim Gubernur Upaya Percepatan Pembangunan, Prof Dr Zulkifli dan perwakilan admin Baruga OPD se-Sulsel.

Dari Palopo, dihadiri oleh Kadis Kominfo diwakili staf Dinas Kominfo Palopo, Iksan Kasri yang nantinya akan diproyeksikan sebagai staf admin pengelola aplikasi Baruga di kota Palopo.

Iksan Kasri saat mengikuti acara launching.

Dalam penyampaiannya, Kadis Kominfo Sulsel berharap seluruh admin mengerti akan fungsi dan tujuan dibangunnya aplikasi ini. Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan media akses ke masyarakat guna menyampaikan aspirasi dan pengaduan dengan mudah berbasis media sosial.

ADVERTISEMENT

“Sesaat setelah menerima laporan dari masyarakat, diharapkan para admin untuk quick respond dalam penindaklanjutannya” ucapnya.

Andi Hasbullah juga menekankan bahwa aplikasi ini disiapkan dengan baik dan mudah maka diperlukan adanya respon dan tanggapan dari pejabat yang berkepentingan untuk menanggapi aduan dan aspirasi masyarakat hingga aplikasi ini bukan hanya sebagai tempat curhat tetapi sebagai media masyarakat dalam menyampaikan segala bentuk persoalannya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Kadis Kominfo juga mengapresiasi para tim arsitek Baruga yang sudah menciptakan aplikasi dimana program ini merupakan salah satu program utama Profesor Andalan. “Data terakhir sudah hampir 400 instansi sudah terkoneksi dengan Baruga Sulsel” tambahnya. Sementara itu staf ahli tim TG UPP Prof. Dr. Zulkifli menyampaikan bahwa pihaknya hanya menjadi pengawas dalam program utama gubernur ini.

Sementara itu, staf khusus Gubernur Sulsel bidang IT, Andrew menyebutkan bahwa sejak dilaunching 6 bulan yang lalu, Baruga versi 1.0 sampai dengan hari ini sudah menampung kurang lebih 800 aduan dan sekitar 700 aduan sudah terselesaikan.

“Ada banyak macam pengaduan masyarakat seperti permintaan bantuan dalam hal perijinan, kenaikan pangkat, pelayanan dirumah sakit dan berbagai macam aduan lainnya. Selebihnya aduan yang berkaitan dengan fisik tetap kami tampung dan sudah di disposisi kan ke instansi terkait,” tuturnya.

Dengan menjadi program utama Gubernur Sulawesi Selatan, aplikasi Baruga ini ditopang dengan dibangunnya Baruga Lounge di lantai dasar Kantor Gubernur Sulsel yang menjadi tempat pertemuan Gubernur dengan para masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi dan aduannya secara langsung. (*/asm)

ADVERTISEMENT