Komitmen Cipta Karya PUPR Percantik Wajah Kota Palopo

260
ADVERTISEMENT

PALOPO–Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), melalui Bidang Cipta Karya Kota Palopo dalam Tahun Anggaran 2020 ini memproyeksikan sejumlah daftar kegiatan pekerjaan.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Dalam daftar tersebut, terdapat sedikitnya enam paket program mulai dari taman hingga sarana olahraga yang nilainya sekira Rp133 miliar rupiah dan pelaksanaannya masih sementara proses penyiapan dokumen dan konsolidasi .

Kepala Dinas PUPR Palopo, Ansar Dachri melalui Kabid Cipta Karya, Natsir Arif menyampaikan, di 2020 ini berbagai kawasan akan direvitalisasi. Seperti, kawasan Islamic Centre hingga kawasan stadion Lagaligo akan menjadi salah satu program terpadu penataan kawasan. “Jadi penataan kawasan di beberapa titik ini akan lebih dipercantik, sama halnya kawasan lainnya yang kita lakukan di tahun-tahun sebelumnya,” terang Natsir, saat dihubungi, Senin 24 Februari 2020.


Natsir merincikan, untuk program khususnya di bidang Cipta Karya menelan anggaran puluhan miliar dari beberapa item program yakni, revitalisasi kawasan Islamic Centre, Rp516.000.000, revitalisasi kawasan stadion Lagaligo Rp435.500.000, pembangunan Islamic Centre Rp9.160.000.000, pembangunan arena Road Race Rp14.160.000.000, pembangunan payung Lapangan Pancasila (Lanjutan) Rp, 180.750.000, dan pembangunan Basecamp Lapangan Pancasila(tahap II) Rp584.050.000. “Sejumlah program ini akan didorong ke bagian pengadaan barang dan jasa untuk dimasukkan ke pelelangan,” katanya.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, dalam pertemuan di Komisi II DPRD Palopo, Senin (10/2) lalu, Harianto selaku Kepala Bagian Pengadaan  Barang dan Jasa (BPBJ) Setda Kota Palopo mengatakan, lambatnya kegiatan lelang proyek akibat OPD terkait masih sementara dalam tahapan konsolidasi paket atau review.

Hal ini juga yang menurut Kabid Cipta Karya, mengapa PUPR belum juga memulai kegiatan pelelangan proyek, karena kegiatan hingga saat ini masih pra perencanaan semua.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

“Untuk kegiatan Pusat Cinderamata di Kawasan Lelebbata masih proses asistensi konsep desain makro dan mikro dengan PT. Yodya Karya selaku konsultan untuk dapat approval dari PT. SMI, penataan dan pengembangan kawasan di empat titik yakni Lalebbata, Islamic Center, Pancasila serta kawasan olahraga Lagaligo menjadi fokus PUPR Bidang Cipta Karya tahun ini,” terangnya.

Natsir mengimbuh, sejumlah kegiatan ini sedapat mungkin dapat terealisasi dalam tahun ini juga dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. “Jadi beberapa kawasan akan kita tata dan akan menjadi pusat keramaian baru, di Kota Palopo,” kata dia memungkas. (iys)

ADVERTISEMENT