Komunitas Peci Dai Luwu Utara Gelar Gelar Turnamen Sepak Bola

129

LUTRA – Komunitas Pemuda Cinta Damai (Peci Dai) bakal menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi pemuda Kecamatan Masamba di Balai Latihan Kerja (BLK) Tanalili. Ini dilakukan untuk meningkatkan kebersamaan dan kekompakkan antar sesama pemuda.

Bukan hanya itu, Peci Dai juga menggelar turnamen sepak bola antar pemuda. Peci Dai merupakan komunitas bentukan dan binaan Badan Kesbangpol Luwu Utara. Ini berawal dari gagasan Kabid Integrasi Bangsa, Harun.

Tujuannya ialah agar setiap pemuda tanggap dan sigap terhadap permasalahan yang berkembang di masyarakat. Selain itu juga rentan memecahbelah persatuan dan kesatuan serta kerukunan pemuda di masyarakat.

“Terkait sebagian sikap dan perilaku pemuda yang biasa mengganggu kamtibmas. Melalui gerakan Pemuda Cinta Damai ini bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh stekholder terkait untuk duduk dan menjalankan bersama memecahkan persoalan pemuda,” kata Harun di ruang kerjanya, Kamis, (10/10/2019).

Masih menurutnya, salah satu kegiatan yang akan dilakukan adalah dengan memfasilitasi pemuda untuk melakukan kegiatan pembinaan keterampilan. Baik berupa pelatihan bengkel las dan pertukangan bekerja sama dengan BLK Tanalili yang sementara ini dalam proses pendataan di Desa dan Kelurahan.

“Dengan adanya kegiatan-kegiatan ini, setidaknya kita berharap dapat meminimalisir tingkat kenakalan remaja di Kecamatan Masamba. Selain itu, juga kegiatan positif dan produktif untuk remaja serta kita berharap para pemuda ini juga dapat membantu aparat keamanan dalam menjaga kamtibmas,” ungkapnya. (liq)