Komunitas SIJUM di Palopo, Bagi Nasi Bungkus Bagi Jemaah Salat Jumat Tiap Minggu

344
ADVERTISEMENT

 

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

PALOPO—Komunitas Sijum atau Nasi Jumat, membagikan makanan dan minuman secara gratis kepada Umat Muslim yang usai melaksanakan Sholat Jumat setiap minggunya.

Seperti jumat, (18/10) siang kemarin, di Masjid Asy Syura, komplek perumahan anggrek Kota Palopo, komunitas Sijum membagikan nasi kotak kepada seluruh jamaah jumaat.

ADVERTISEMENT

Munawir, salah seorang yang mengkoordinir kegiatan ini menceritakan, Komunitas Sijum terbentuk sejak 10 maret 2017 dua tahun lalu.

Selama itu hingga kini, mereka rutin membagikan makanan dan minuman kepada jamaah masjid khusus di hari jumat di Kota Palopo.

ADVERTISEMENT

“Khusus jamaah masjid kami fokuskan usai sholat jumat. Satu atau dua masjid setiap minggunya dan kami gilir hingga seluruh masjid di Kota Palopo bisa kami layani,” ujarnya.

Munawir mengatakan setiap jumat, nasi kotak dan kadang minuman yang mereka siapkan ada kelebihan. “Ini (lebihan) kemudian kami berikan kepada petugas kebersihan atau tukang becak,” ujarnya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Selain membagikan makanan kepada jamaah jumat, mereka juga menyisihkan sebagian untuk anak yatim di sejumlah panti asuhan di Kota Palopo.

Munawir dan kawan-kawannya di komunitas ini melaporkan bahwa mereka berbagi rezeki melalui dermawan dari berbagai kalangan, pengusaha warung makan, pejabat, politisi dan dermawan dari berbagai profesi.

“Bagi yang ingin berbagi melalui Komunitas Sijum bisa menghubungi nomor 081 242 224 300 atau nomor 0811 2012346,” ujarnya.

Menurut Munawir, para dermawan yang bekerjasama dengan mereka biasanya menyerahkan langsung makanan dan minuman ada pula yang menyerahkan dana tunai atau transfer via bank.

Untuk diketahui, Komunitas Sijum, terbentuk bukan hanya di Kota Palopo. Aktivitas komunitas ini juga berjalan di beberapa daerah lain di Indonesia bahkan hingga ke Kota Dili, Timor Leste. (Tari)

ADVERTISEMENT