KONI Palopo Bakal Gelar Musyorkot, Niat Maju Jadi Ketua ? Ini Tahapannya

237
Ketua Koni Palopo, Hairul Salim. (Foto : Istimewa)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Palopo bakal menggelar Musyawarah Olahraga Kota (Musyorkot) ke V. Kegiatan yang berlangsung 4 tahun sekali itu rencananya akan dilaksanakan KONI Palopo pada 4 – 5 Februari 2022 mendatang.

Musyorkot rencananya dilaksanakan di permandian Waekambas dan diikuti 37 cabang olahraga (cabor) yang tergabung dalam KONI Palopo.

Ketua KONI Palopo, Hairul Salim menjelaskan sebelum dilaksanakannya Musyorkot ini, ada beberapa tahapan yang akan dilakukan. “Dimulai penjaringan bakal calon Ketua KONI yang baru hingga pengumuman calon yang telah lolos administrasi,” ucapnya.

Tahapan penjaringan bakal calon Ketua KONI periode 2022-2026 akan dimulai Sabtu (18/01/2022). Penjaringan akan dilakukan selama seminggu penuh hingga Sabtu (22/01/2022).

ADVERTISEMENT

Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dan penutupan pendaftaran bakal calon pada Minggu (23/01) hingga Rabu (26/01). Setelah itu, verifikasi dokumen terhadap bakal calon akan dilaksanakan pada Kamis (27/01) hingga Sabtu (29/01).

Proses perbaikan dan sanggahan akan dibuka pada Minggu (30/01) yang kemudian, bagi calon yang dinyatakan lolos administrasi akan menyampaikan visi misinya pada Selasa (01/02). Rapat pleno untuk penetapan calon akan dilakukan pada Rabu (02/02) yang kemudian dilanjutkan dengan pengumuman nama-nama calon Ketua KONI masa bakti 2022-2026.

Bagi Hairul Salim, dalam penjaringan dan penetapan calon Ketua KONI Palopo kali ini sedikit berbeda dari yang sebelumnya.

“Jika sebelumnya dalam pencalonan ada beberapa syarat yang dianggap memberatkan, untuk kali ini jauh lebih mudah dan ringan,” ucapnya.

“Diharapkan dengan terlaksananya Musyorkot ini, dapat menghadirkan nahkoda baru yang nantinya dapat membuat perubahan yang jauh lebih baik untuk KONI Palopo,” sambungnya.

Untuk diketahui, dalam KONI Palopo tergabung sebanyak 37 cabor.

Ke 37 cabor itu ialah PERBAKIN Kota Palopo (Menembak), PERKEMI Kota Palopo (Kempo), PASI Kota Palopo (Atletik), PERBASI Kota Palopo (Basket), IPSI Kota Palopo (Pencak Silat), PRSI Kota Palopo (RENANG), PERTINA Kota Palopo (Tinju).

Kemudian PERCASI Kota Palopo (Catur), GATEBALL Kota Palopo, POBSI Kota Palopo (Bilyard), PERPANI Kota Palopo (Panahan),
ISSI Kota Palopo (Sepeda), TAEKWONDO Kota Palopo, IKASI Kota Palopo (Anggar).

Ada pula PERSANI Kota Palopo (Senam), FORKI Kota Palopo (Karate), PBSI Kota Palopo (Bulu Tangkis), PSTI Kota Palopo (Takraw), PSSI Kota Palopo (Sepak Bola), FPTI Kota Palopo (Panjat Tebing), PODSI Kota Palopo (Dayung).

Tergabung pula IMI Kota Palopo (Balap Motor), PERBASASI Kota Palopo, PTMSI Kota Palopo (Tenis Meja), PELTI Kota Palopo (Tenis Lapangan), GABSI Kota Palopo (Brige), FOBI Kota Palopo (Barongsai), PBVSI Kota Palopo (Voli).

Hingga FOPI Kota Palopo (Petanque), ABTI Kota Palopo (Bola Tangan), PBFI Kota Palopo (Binaraga), FAJI Kota Palopo (Arung Jeram), MI Kota Palopo (Muaythai), FOKSI Kota Palopo (Kabaddi), ESI Kota Palopo (E-Sport) dan POSSI Kota Palopo (Selam). (hwn/liq)

ADVERTISEMENT