KONI Palopo Janji Bonus Atlet Peraih Medali di Porprov Sulsel

120
Ketua KONI Palopo, Hairul Salim
ADVERTISEMENT

PALOPO — Atlet-atlet Kota Palopo siap bersaing pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Selatan tahun 2022. Hal ini diungkapkan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Palopo, Haerul Salim.

Ellunk, panggilan akrab Haerul Salim menyebut capaian Palopo pada Porprov kali ini harus lebih baik dari sebelumnya. Pada ajang yang sama di Pinrang tahun 2018 lalu, kontingen Palopo finis pada peringkat delapan dengan koleksi 51 medali. Terdiri atas 18 emas, 14 perak, dan 19 perunggu.

ADVERTISEMENT

“Tentu kita berharap capaian kali ini lebih baik,” katanya. Apalagi jumlah cabang olahraga yang bertanding lebih banyak. Pada 2018 lalu, KONI Palopo hanya mengikuti 22 cabang olahraga. “Untuk ajang kali ini cabor kita yang lolos bertambah menjadi 25,” katanya.

25 cabor tersebut adalah pencak silat, panahan, menembak, bilyard, balap sepeda, kempo, catur, bulu tangkis, taekwondo, selam, karate. Atletik, renang, dayung, senam, bola basket, sepak takraw, gateball, judo, balap motor, panjat tebing, anggar, dan tinju.

ADVERTISEMENT

Guna memompa semangat atlet, Ellung menyiapkan bonus kepada peraih medali pada Porprov nanti. Peraih medali emas akan diberi bonus uang Rp 7,5 juta, perak Rp 5 juta, dan perunggu Rp 2,5 juta. Nilai bonus, kata dia lebih besar dari perhelatan sebelumnya.

“Porprov sebelumnya bonus kita siapkan hanya Rp 5 juta untuk peraih medali emas, Rp 3 juta untuk perak dan Rp 1 juta untuk perunggu,” tutur dia. Bonus yang disiapkan KONI bersumber dari dana hibah Pemkot Palopo. “Kita berharap atlet dari masing-masing cabang olahraga bekerja keras untuk mendapatkan podium, karena ada bonus yang kita siapkan,” tuturnya.

Hal yang sama diungkapkan Ketua Kontingen Tim Porprov Luwu, Muhammad Arfan Basmin. Kontingen Kabupaten Luwu mengikuti 18 cabang olahraga (cabor) pada Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Selatan atau Porprov Sulsel 2022.

Persiapan menuju Porprov Sulsel yang akan dihelat di dua kabupaten, Sinjai dan Bulukumba terus dimatangkan. “KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) sudah menyiapkan bonus bagi atlet dan pelatih peraih medali,” kata Arfan Basmin.

Bonus bukan hanya bagi atlet peraih medali emas, tapi juga perak dan perunggu. “Kami tentu sangat berharap atlet dapat mengeluarkan kemampuan terbaik mereka,” katanya. (eky/roy).

Bonus Atlet Palopo Peraih Medali di Porprov:

Peraih Emas Rp 7,5 juta
Peraih Perak Rp 5 juta
Peraih Perunggu Rp 2,5 juta

ADVERTISEMENT