Koran SeruYA dan 12 Wajib Pajak Terima Penghargaan Khusus di Puncak HUT Palopo

680
Sebanyak 13 wajib pajak di Palopo diberi penghargaan atas dedikasinya dalam membayar pajak dan meningkatkan PAD.
ADVERTISEMENT

PALOPO — Sebanyak 13 wajib pajak di kota Palopo mendapat penghargaan khusus di sela rapat paripurna DPRD kota Palopo dalam rangka memeriahkan HUT Palopo ke-17 tahun, Selasa (2/7/2019).

Adapun 13 wajib pajak yang dimaksud adalah Hotel Value, kelurahan Boting, kelurahan Lagaligo dan Yayasan perguruan tinggi UNCP. Keempat wajib pajak yang disebutkan diberikan penghargaan karena dinilai sangat bagus atas kepatuhan pembayaran PBB.

Selanjutnya ada wahana hiburan Time Zone, Happy Puppy dan Platinum Cineplex. Ketiganya ditetapkan sebagai wajib pajak yang berpredikat sangat bagus atas kepatuhan pembayaran pajak hiburan. Wajib pajak lainnya yang mendapat penghargaan ialah KFC, Lesehan Lela dan La Vecchia. Ketiganya juga dinilai berpredikat sangat bagus atas kepatuhan pembayaran pajak restoran.

Lalu ada Hotel Agro Wisata yang diberikan penghargaan atas predikat sangat bagus pembayaran pajak hotel. Kemudian PT Niviron Manunggal yang juga mengelola City Market Palopo diberi penghargaan atas dedikasinya dalam peningkatan PAD. Dan terakhir Koran SeruYA. Media lokal ini diberikan penghargaan atas kerjasama dalam optimalisasi PAD di kota Palopo.

ADVERTISEMENT

Kepala Bapenda, Abdul Waris mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada wajib pajak sebagai bentuk apresiasi pemerintah kota Palopo yang telah antusias dalam mendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD) di kota idaman.

Ia mengatakan, para wajib pajak itu terpilih karena berkontribusi secara signifikan dan tergolong berkoordinasi dengan baik dan tingkat kepatuhannya dalam pembayaran pajak sangat baik.

“Kita harap, penghargaan ini menjadi motivasi bagi wajib pajak lainnya agar PAD di kota Palopo bisa semakin meningkat. Karena ini nantinya juga akan kembali dinikmati masyarakat melalui berbagai program,” sebut Abdul Waris.

Menurut mantan Kabag Kesra itu, sinergi antara pemerintah dan pengusaha dalam hal ini wajib pajak sangat perlu. Juga bertujuan agar kesejahteraan masyarakat bisa semakin merata.

“Untuk menjadikan daerah kompetitif dan produktif, hanya bisa dilakukan kalau sinergi antara pemerintah dan dunia usaha baik,” kata Waris.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada Pimred Koran SeruYA, Asmar. Koran SeruYA dianggap sebagai media partnership terbaik dalam rangka optimalisasi PAD.

Salah satu yang dilakukan Bapenda dalam meningkatkan PAD ialah memberlakukan pembayaran sistem online. Ada tiga perangkat yang dimanfaatkan Bapenda Palopo, yakni Barnone, Tapping Box dan Mobile Pos. Ketiga perangkat ini dipasang pada wajib pungut pajak, khususnya pajak restoran, pajak hotel, pajak hiburan dan pajak parkir.

Aplikasi Barebone merupakan perangkat yang digunakan untuk merekam data transaksi sistem yang dimiliki oleh wajih pajak. Perangkat ini dipasang pada wajib pungut pajak yang telah memiliki sistem transaksi penjualan sendiri.

Tapping Box, merupakan perangkat yang digunakan merekam data transaksi struk pembayaran yang dicetak pada printer. Perangkat ini akan dipasang pada wajib pungut pajak yang menggunakan cash register atau mesin kasir.

Sedangkan Mobile Pos adalah sistem kasir yang akan diberikan kepada wajib pungut pajak yang masih melakukan pencatatan transaksi secara manual maupun yang menggunakan cash register atau mesin kasir.

“Melalui sistem ini, transaksi wajib pajak bisa diketahui setiap saat. Selain itu, datanya juga terkoneksi langsung ke Bapenda, Bank Sulselbar hingga KPK,” tandas Abdul Waris.

Wajib Pajak Terima Penghargaan

1. Hotel Value ((Berpredikat sangat bagus atas kepatuhan pembayaran PBB)
2. Kelurahan Boting ((Berpredikat sangat bagus atas kepatuhan pembayaran PBB)
3. Kelurahan Lagaligo (Berpredikat sangat bagus atas kepatuhan pembayaran PBB)
4. Yayasan perguruan tinggi UNCP (Berpredikat sangat bagus atas kepatuhan pembayaran PBB)
5. Time Zone (Berpredikat sangat bagus atas kepatuhan pembayaran pajak hiburan)
6. Happy Puppy (Berpredikat sangat bagus atas kepatuhan pembayaran pajak hiburan)
7. Platinum Cineplex (Berpredikat sangat bagus atas kepatuhan pembayaran pajak hiburan)
8. KFC (Berpredikat sangat bagus atas kepatuhan pembayaran pajak restoran)
9. Lesehan Lela (Berpredikat sangat bagus atas kepatuhan pembayaran pajak restoran)
10. La Vecchia (Berpredikat sangat bagus atas kepatuhan pembayaran pajak restoran)
11. Hotel Agro Wisata (Berpredikat sangat bagus pembayaran pajak hotel)
12. PT Niviron (Berpredikat sangat bagus dalam peningkatan PAD)
13. Koran SeruYA (Kerjasama dalam optimalisasi PAD)

ADVERTISEMENT