KPU Luwu Verifikasi Faktual Delapan Parpol Tak Punya Kursi di DPRD

85
Rapat persiapan verifikasi faktual oleh KPU Luwu.
ADVERTISEMENT

BELOPA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu menggelar rapat koordinasi Persiapan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 di Cafe Tnine, Belopa, Kabupaten Luwu, Sabtu (15/10/2022).

Ketua KPU Luwu, Hasan Sufyan dalam sambutannya mengatakan, pertemuan ini merupakan tatap muka langsung dalam menyamakan persepsi sebelum tim KPU turun ke lapangan melakukan verifikasi faktual ke Partai Politik (Parpol). Waktu verifikasi faktual Parpol, mulai 15 Oktober hingga 4 November 2022.

ADVERTISEMENT

Hasan menjelaskan, berdasarkan data KPU RI saat ini, ada delapan Parpol di Kabupaten Luwu yang siap dilakukan verifikasi faktual. Delapan Parpol tersebut adalah Partai Bulan Bintang, Partai Buruh, Partai Garda Perubahan Indonesia, Partai Hanura, Partai Solidaritas Indonesia, Gelora dan Partai Kebangkitan Nusantara. Ke delapan parpol ini tak memiliki kursi di DPRD Luwu.

“Kita bicarakan terbuka, mulai dari persamaan persepsi sebelum turun ke lapangan harus ada koordinasi, soal persiapan seluruh persyaratan verifikasi faktual,” kata Hasan. “Yaa intinya ini bentuk pelayanan ke partai politik,” tambahnya.

Lebih jauh ia meminta Parpol melibatkan kaum perempuan hingga 30 persen di internal Parpol. Keterlibatan perempuan, kata Hasan, merupakan anggapan bahwa pemilu 2024 pun ramah perempuan.

Rapat koordinasi persiapan verifikasi faktual ini juga dihadir Ketua KPU Luwu, Ketua Bawaslu Luwu, perwakilan Kajari Luwu, perwakilan Kapolres Luwu dan perwakilan Pimpinan Partai Politik. (mat)

ADVERTISEMENT