Kukuhkan 560 Wisudawan, UMB Palopo Perguruan Tinggi Kesehatan Terbaik di Indonesia Timur

148
Universitas Mega Buana Palopo (UMBP) menggelar wisuda program sarjana, profesi, yang diikuti sebanyak 560 wisudawan. (Dok. Koran SeruYA)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Universitas Mega Buana Palopo (UMBP) menggelar wisuda program sarjana, profesi, yang diikuti sebanyak 560 wisudawan. Selain itu juga, di acara wisuda dirangkaian dengan pengukuhan guru besar Prof Ishak Runi, Kamis, 1 September 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UMBP, Dr Hj Nilawati Uly, S.si., Apt., M.Kes melaporkan kinerja UMBP selama tahun akademik 2021 hingga 2022.

ADVERTISEMENT

Dalam laporannya dia menjelaskan jumlah peserta wisuda dari masing-masing jurusan yaitu, program profesi NERS sebanyak, 19 orang, profesi bidan 190 orang, sarjana ilmu hukum 22 orang, sarjana ilmu perawatan 28 orang, sarjana kesehatan masyarakat 32 orang, dan sarjana terapan kebidanan 277 orang.

Dengan demikian, Sarjana terapan kebidanan menjadi menjadi salah satu program studi terpaforit di UMBP, yang merupakan program studi satu-satunya di Indonesia timur yang mempunyai D4 kebidanan. Jurusan ini merupakan yang pertama Terakreditasi B di wilayah Indonesia Timur.

ADVERTISEMENT

Nilawati Uly menambahkan bahwa, mahasiswa UMBP juga tidak hanya berasal dari kota Palopo, namun berasal dari beberapa wilayah provinsi dan kabupaten kota lainnya. Seperti, Papua, Papua barat, Kalimantan, Sulawesi selatan. Selain itu juga ada dari Sulawesi tengah, Sulawesi tenggara, Sulawesi barat, Sulawesi Utara, dan Gorontalo.

Ini juga merupakan wisuda yang istimewa, karena kali ini di UMBP ada Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Generasi Polmas, Sulawesi Barat. Kemudian ada Direktur Akademik Kebidanan Bone, serta serta Direktur Akbid Aysiah Pangkep yang ikut diwisuda.

Untuk diketahui bahwa, Ini merupakan menjadi bukti bahwa, banyak yang menginginkan untuk berkuliah di UMBP. Tentunya ada yang spesial di UMBP.

Turut hadir dalam wisuda kali ini yaitu, Kepala LLDIKTI WIKAYAH XI Sultan Batara Asisten II Pemerintahan, TNI/polri, serta para wisudawan dan para tamu undangan lainnya. Dari kota Palopo Sulawesi Selatan.

Adapun yang berhasil menjadi wisudawan terbaik yaitu, terbaik 1 diberikan kepada Sinta, SKM dari program studi sarjana kesehatan masyarakat dengan IPK 3,93. Sedangkan wisudawan terbaik 2 diberikan kepada christania singkang, S.Tr.Keb dari program studi sarjana terapan kebidanan dengan IPK 3,92.

UMBP juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang menginspirasi masyarakat dalam bidang keilmuannya. Penghargaan tersebut diberikan kepada mahasiswa profesi bidan yang mampu menjadi inspirasi bagi seluruh wanita di Indonesia untuk tetap meningkatkan kapasitas dirinya melalui bidang pendidikan kebidanan. (yonk)

ADVERTISEMENT