Kunjungan Kerja ke Sulut, Komisi II DPRD Palopo Pelajari Command Center

159
ADVERTISEMENT

PALOPO — Dipimpin Wakil Ketua DPRD Palopo, Irvan Majid ST, Komisi II DPRD Palopo melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Utara, Kamis, 12 Desember 2019.

Dalam kunjungan kerja lima orang anggota Komisi II DPRD Palopo itu, ikut serta staf Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Palopo.

ADVERTISEMENT

Di Manado, rombongan diterima Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sulawesi Utara, Christiano Edwin Talumepa SH M.Si. Misi yang diemban rombongan Komisi II dan Kominfo Palopo adalah untuk mengetahui secara detail soal Command Center dalam upaya Pemerintah Kota Palopo mewujudkan Smart City.

Saat menerima rombongan, Kadis Kominfo Provinsi Sulut, memaparkan, Command Center (Pusat Komando) adalah sebuah ruangan pusat visualisasi dan integrasi data baik diperoleh melalui online, offline, internal maupun eksternal yang disajikan secara bersamaan di sebuah layar lebar video wall. Video wall Command Center ODSK dengan resolusi layar 4K High Definition dan mempunyai fitur mengkolaborasi dengan layar lain dengan daya tahan yang lebih dibanding LCD biasa.

ADVERTISEMENT

“Command Center ODSK yang dibangun ini pagu anggarannya 9,6 Miliar pada APBD 2018 lalu, fungsi Pusat Komando ini bisa mengintegrasikan data sektoral SKPD dan aplikasi serta inovasi dari semua SKPD provinsi maupun kabupaten/kota yang berbasis teknologi,” urai Christiano.

Wakil Ketua DPRD Palopo Irvan Majid menyampaikan jika kunjungan kali ini untuk memastikan dan lebih detail memahami isi ruangan dalam Command Center provinsi paling ujung di utara Sulawesi itu, berikut fungsi, tata kelola dan segalaa hal yang berkaitan dengan hal itu.

 “Command Center ini, ingin kita terapkan pula di Palopo, akan tetapi kita harus buat grand desainnya dulu, karena ini terkait dengan kebijakan anggaran yang tidak sedikit, di samping soal SDM nantinya, ini masih butuh proses dan butuh dukungan pemerintah,” tandas politisi muda Demokrat itu. (Iys)

ADVERTISEMENT