Kunjungan Labkesda ke SMPN 1 Palopo, Tambah Wawasan Siswa Tentang Donor Darah

208
ADVERTISEMENT

Palopo — Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Palopo, mendapatkan edukasi tentang kesehatan golongan darah oleh dr. Fikriatul Fadhilah dan edukasi manfaat dan tujuan pemeriksaan laboratorium oleh dr. Noris, Kamis 14 November 2019 pekan lalu.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Wakil Kepala SMPN 1 Palopo, Magdalena mengatakan, kunjungan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Labkesda ke SMPN 1 tersebut sangat bagus, untuk menambah wawasan anak didiknya tentang kesehatan golongan darah.

” Adanya edukasi dari Labkesda ini, sangat membantu anak didik kami, terutama soal kesehatan golongan darah mereka,” katanya Sabtu (16/11/2019).

Lebih lanjut Magdalena mengatakan, “kalau semua siswa mengerti tentang pentingnya kesehatan golongan darah mereka, maka secara otomatis mereka akan menjaga asupan makanan mereka, jenis-jenis makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dan tidak boleh mereka konsumsi,” tuturnya.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, dr. Noris yang memberikan edukasi tentang tujuan dan manfaat pemeriksaan Laboratorium mengatakan, dengan pemeriksaan golongan darah, siswa-siswi SMPN 1 Palopo bisa mengerti dan paham kenapa mereka harus tahu jenis gol darah mereka.

“Penyesuaian golongan darah menjadi salah satu syarat penting untuk mendonorkan darah atau menerima transfusi darah,” katanya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

“Dengan adanya pemeriksaan golingan darah ,kita dapat mencegah komplikasi transfusi darah, dimana tidak semua golongan darah bisa cocok satu sama lain. Jadi penting untuk menerima donor atau mendonorkan darah sesuai dengan golongan darah mereka,” tuturnya.

Lebih lanjut, Noris menambahkan “Menerima darah yang tidak sesuai dengan golongan darah, bisa memicu penggumpalan darah dan komplikasi yang berakibat fatal bagi tubuh,” pungkasnya. (Fit)

ADVERTISEMENT