Kunjungan Wisatawan di Palopo Meningkat

646

PALOPO – Sebanyak 50 orang menghadiri bimbingan teknis pemasaran pariwisata di Hotel Value, Kamis (13/9) pagi. Para peserta berasal dari penggiat wisata, pemilik hotel, resto, dan UMKM.

Kadis Pariwisata Palopo, Andi Enceng mengatakan Palopo memiliki 3 jenis wisata yang dapat menjadi daya tarik turis. Wisata itu antara lain wisata alam, wisata buatan, dan wisata sejarah budaya. “Banyak sesuatu yang dapat kita jual untuk menarik para wisatawan. Mulai dari Istana Datu Luwu, Taman Binturu, Pantai Labombo dan objek wisata lain yang banyak di Palopo,” ujar Andi Enceng.

Dia menambahkan, jika dibandingkan dengan tahun 2016, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Palopo tahun 2017 meningkat. Peningkatan itu bekisar 3,71 persen.
“Terjadi peningkatan pengunjung wisatawan lokal dan mancanegara di tahun 2017. Tahun 2016 lalu jumlah wisatawan sebanyak 95.918 orang, sedang untuk tahun 2017 sebanyak 99.481 orang,” ujarnya.

Sementara itu, anggota DPR RI Komisi X, H. Amran mengatakan untuk mempertahankan jumlah para wisatawan datang ke Palopo ada beberapa cara yang harus ditempuh pemerintah. Salah satunya dengan mengembangkan hotel dan hiburan bagi para wisatawan. “Tapi hiburan itu harus disinergikan dengan budaya Palopo. Selain itu, kuliner, souvenir dan keramahan juga harus lebih ditingkatkan,” pungkasnya. (liq)