Kunjungi Titik Banjir, Andi Syafiuddin: Dalam Waktu Dekat Aliran Salu Bebe akan Dialihkan ke Sungai Masamba

406
ADVERTISEMENT

LUWU UTARA–Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Syafiuddin Patahuddin melakukan kunjungan ke titik penyebab banjir di Masamba, dengan didampingi oleh anggota DPRD Luwu Utara Riswan Bibbi bersama pejabat PUPR Bambang (Kabid Cipta Karya) dan Erwin Mappatuju (Parkintan) turut serta perwakilan camat Masamba, Irwansyah Nawir, Rabu, (6/1/20).

Menurut Petta sappan akrab Andi Syafiuddin, bahwa air yang selama ini menggenangi Masamba bukan berasal dari Aliran Sungai Masamba namun berasal dari aliran Sungai Matoto (Salu Bebe), Air di Salu Bebe akan meluap jika terjadi hujan.

ADVERTISEMENT

“Ketika hujan deras, Air akan tertampung di cekungan yang ada di Desa Baloli dan Kamiri, air ini yang kemudian meluap mengalir ke Salu Bebe (Sungai Matoto) dan perlahan-lahan membanjiri kota Masamba,” terang Petta.

“Alhamdulillah setelah meninjau, kami sudah mendapat gambaran untuk melakukan penaganan darurat, insya Allah, nanti ada titik yang akan kita gunakan untuk mengalihkan arus Salu Bebe ke sungai masamba, sementara untuk penanganan jangka panjang sudah ada perencanan dari Pemkab Lutra yang akan membuat kanal,” sambungnya.

ADVERTISEMENT

Senada dengan Andi Syafiuddin, Bambang selaku Kabid Cipta Karya, mengatakan, saluran air hujan dari Desa Baloli dan Kamiri, akan dialihkan untuk mengurangi volume air yang masuk ke kota Masamba, dan untuk area hilir saluran air akan diperlebar agar menampung lebih banyak air yang masuk ke kota.

“Dengan begitu, harapan kita tidak ada lagi genangan air di dalam kota” ungkap Bambang.

Sementara Anggota DPRD Luwu Utara, Riswan Bibbi mengapresiasi aktualisasi Andi Syafiuddin atas kepeduliannya terhadap permasalahan banjir di Masamba.

“Memang, Seyogyanya di dalam proses menuntaskan berbagai problem, dibutuhkan sinergitas, alhamdulillah apa yg kita lakukan hari ini adalah salah satu bentuk sinergitas antara Pemda, wakil rakyat dan rakyat” kata Riswan.

Senada dengan hal tersebut, Camat Masamba yang yang diwakili Irwansyah Nawir berharap kepada masyarakat agar mendukung sepenuhnya penanganan banjir tersebut.

“Kita berharap dengan dukungan dari masyarakat, Masamba dapat pulih secepatnya,” pungkasnya. (*/byu)

ADVERTISEMENT