Kunker ke Masamba, KPU RI Masih Pelajari Situasi dan Kondisi Pascabanjir, Tahapan Coklit Tetap Berjalan

66
ADVERTISEMENT
LUWU UTARA–Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ilham Saputra melakukan kunjungan kerja didampingi Ketua KPU Sulawesi Selatan, Faisal Amir dan anggota KPU Provinsi lainnya, guna memantau perkembangan terkini tahapan Pilkada Luwu Utara, Rabu (12/8/2020) kemarin.
Rombongan anggota KPU RI dalam pertemuan dengan Ketua Bawaslu Lutra bersama Kapolres Lutra, AKBP Agung Danargito serta Ketua KPU Lutra Syamsul Bachri, para anggota komisioner KPU Lutra, para Ketua PPK, Sekretaris, Kasubag dan para staf.
Dalam pertemuan tersebut, Ketua KPU RI, Ilham Saputra menjelaskan bahwa kedatangan dirinya dalam kunker ini bersama Ketua KPU Sulsel Faisal dan Fatmawati Rahim untuk melihat langsung perkembangan tahapan Pilkada dan memastiksn tahapan tersebut berjalan dengan baik.
Ilham Saputra mengatakan, bahwa Kabupaten Luwu Utara ini menjadi perhatian khusus dirinya di KPU RI dan Pemerintah karena baru saja mengalami bencana banjir bandang lumpur dan tanah longsor.
“di saat tahapan Pilkada berlangsung terjadi musibah banjir bandang, membuat kami akan membicarakan sekembalinya kami ke Pusat apakah perlu perlakuan khusus atau tidak,” jelas Ketua KPU RI.
Namun, masih kata dia, masih perlu dilakukan pengkajian mendalam, dan meminta laporan dari KPU, PPK, PPS, Bawaslu dan Polres Lutra, sebelum menetapkan langkah, katanya.
Dengan laporan itu, akan menjadi  dasar bagi kami untuk menetapkan apakah layak atau tidak diberikan perlakuan khusus, tambahnya lagi.
Ketua KPU RI itu juga berpesan seraya meminta kepada seluruh PPK, PPS dan PPDP untuk tetap menjalankan tahapan Coklit sesuai jadwal tahapan, yang akan berakhir pada tanggal 13 Agustus 2020, dan ini sesuai aturan dalam kerangka hukum,” tukas Ilham Saputra. (*/iys)

ADVERTISEMENT