Kurangi Resiko Anemia, Siswi SMPN 8 Palopo Rutin Terima Tablet Tambah Darah

488

PALOPO – SMP Negeri 8 Palopo rutin memberikan tablet tambah darah sekali dalam seminggu kepada siswi mereka. Itu berlaku Sejak Kementerian Kesehatan RI mencanangkan program pemberian tablet tambah darah (TTD) ke sekolah-sekolah untuk siswa.

Hal ini diutarakan Guru SMPN 8 Palopo, Nurhidayah, yang juga merupakan Kordinator UKS SMPN 8 Palopo. Nurhidayah mengatakan sasaran tablet kesehatan tersebut ditujukan kepada siswa perempuan. “Tablet tambah darah hanya diperuntukkan bagi siswa perempuan, tidak untuk laki laki,” tegas Nurhidayah, Senin (22/10) pagi.

Lanjut, Nurhidayah, program pemberian TTD merupakan program dari Dinas Kesehatan Kota Palopo atas instruksi Kemenkes. Program tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko anemia dan merawat rahim perempuan.

“Jadi TTD bermanfaat untuk meminimalisir penyakit yang membahayakan bagi kehamilan,” katanya.

Tablet Tambah Darah (TTD) mengandung 60 mg Besi Elemental dan Asam Folat 400 ug yang menurunkan gejala kurang darah. Tablet tersebut diberikan rutin satu kali dalam seminggu kepada seluruh siswa perempuan untuk dikonsumsi.

“Kami selaku pihak sekolah hanya berusaha melaksanakan apa yang menjadi program pemerintah, apalagi jika itu menyangkut masa depan siswa,” ujar Nurhidayah. (apl/liq)