Laboratorium Terlengkap, Kemendikbud Ristek Apresiasi Fakultas Kedokteran UMB Palopo

108
rof. Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes bersama Direktur Kelembagaan Dikti Kemendikbud Ristek, Dr. Lukman, S.T., M.Hum sesaat sebelum penyerahan SK Program Studi Kedokteran UMB Palopo
ADVERTISEMENT

PALOPO—Direktur Kelembagaan Dikti Kemendikbud Ristek, Dr. Lukman, S.T, M.Hum mengungkapkan sejumlah alasan Universitas Mega Buana (UMB) Palopo lebih cepat mendapatkan SK Izin Pembukaan Program Studi Kedokteran Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi.

Ia menyampaikan, UMB Palopo telah memenuhi semua ketentuan, sehingga SK Pembukaan Program Studi Kedokteran lebih cepat dikantongi. Diungkapkan dalam proses pembukaan ini terdapat 55 Perguruan Tinggi yang mengusul, namun hanya 25 yang diterima termasuk UMB Palopo.

ADVERTISEMENT

“Saat ini pembukaan Fakultas Kedokteran sangat sangat langka, karna ada 26 item yang dibutuhkan misalnya spesialis biomed untuk anatomi, forensik itu sangat sulit sekali, namun Universitas Mega Buana memenuhi semua ketentuan itu sehingga kami bisa memberikan izin untuk pembukaan,” ungkap Dr. Lukman, S.T, M.Hum, usai melakukan penyerahan SK.

Bahkan disebut-sebut, laboratorium Fakultas Kedokteran UMB Palopo terlengkap dengan tekhnologi terkini (Lihat Box). Atas hal itu juga Direktur Kelembagaan memberikan apresiasi kepada UMB Palopo, dimana kampus yang berdiri tahun 2009 ini bisa masuk bersama puluhan kampus lain untuk berjuang mendapatkan Program Studi Kedokteran ini. Diungkapkan bahwa pembukaan Fakultas Kedokteran ini bukan hal mudah, sebab dibutuhkan komitmen serta anggaran yang lebih untuk pembukaannya.

ADVERTISEMENT

Sekadar diketahui, anggaran pembukaan berkisar Rp200 M hingga Rp300 Miliar untuk bisa membuka kedokteran, dan disebutkan ini sulit bagi Perguruan Tinggi yang memang secara financial belum memenuhi. Dan, UMB Palopo sudah memenuhi secara ketentuan.

Diketahui juga bahwa dengan diterimanya SK Menteri untuk penyelenggaraan Program studi Kedokteran, menjadikan UMB Palopo sebagai Perguruan Tinggi Pertama sebagai Penyelenggara Fakultas Kedokteran diluar Kota Makassar dan Pertama di Tana Luwu.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Prof. DR. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, SpPD, K-GH, SpGK yang saat sambutan mengungkapkan, FK UMB Palopo yang merupakan binaannya memang sangat layak mendapatkan SK pendirian Kedokteran.

Alasannya, terlihat dari pergruan tinggi diterima, dimana sebanyak 55 perguruan tinggi yang mengusul, hanya 25 yang diterima termasuk UMB Palopo.

“Berarti hanya ada 50 persen, dan salah satu diantaranya dan yang pertama di Sulawesi untuk pengusulan pembukaan Prodi S1 Kedokteran dan Profesi Dokter adalah Universitas Mega Buana, ” jelasnya, seraya menambahkan, bahwa hebatnya lagi yang pertama di Sulawesi pengusulan pembukaan Prodi S1 Kedokteran dan Profesi Dokter adalah Universitas Mega Buana.

Hal yang sama juga disampaikan Pj Gubernur Sulsel, Dr. Bahtiar Baharuddin yang disampaikan melalui Kadis Kesehatan Provinsi, dr Ishak Iskandar, mengatakan UMB Palopo sangat luar biasa bisa mendapatkan SK tersebut.

“Pencapaian UMB Palopo ini merupakan pencapaian luar biasa. Kami mendukung sepenuhnya pengembangan perguruan tinggi yang tidak hanya terkonsentrasi di ibukota provinsi, tapi menyebar di seluruh pelosok Sulsel, karena itu saya menghimbau kepada masyarakat Sulawesi Selatan khususnya yang ingin meelanjutkan Pendidikan Kedokteran, Program Sarjana Kedokteran bisa masuk dan melanjutkan pendidikan di Universitas Mega Buana Palopo,” Kata Dr. Bachtiar melalui sambutan yang dibacakaan Kadinkes Sulsel, Dr.dr. Ishaq Islandar.

Ia menambahkan hadirnya Fakultas Kedokteran ini di Kota Palopo, tentu akan membawa kebaikan dan menjadi tempat pendidikan bagi masyarakat.

Dikesempatan itu juga Kepala LLDIKTI IX, Dr Andi Lukman saat sambutan mengatakan diterimanya SK ini adalah hal yang sangat pantas bagi UMB Palopo, mengingat segala kelengkapan sarana dan prasarana kampus tersebut.

“Dengan diterimanya SK Penyelenggaraan Prodi S1 Kedokteran dan Profesi Dokter ini membuat kita semua bangga terlebih Civitas UMB Palopo,” katanya.

Sementara itu, Rektor UMB Palopo, Prof. Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes menyampaikan dengan diterimanya SK ini, akan semakin memotivasi UMB Palopo untuk menghasilkan SDM dokter yang bermutu dan berkualitas, dan tentu dengan akhlak yang baik.

“Ini akan semakin memotivasi kami pengelola untuk berbuat yang terbaik dalam menghasilakan SDM yang berkualitas khususnya di bidang kedokteran ini,” jelas Rektor UMB Palopo.

Diketahui, penyerahan Surat Keputusan Menteri Pendidikan,Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 221/E/0/2024, Tentang Izin Pembukaan Program Studi Kedokteran Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi Pada Universitas Mega Buana Palopo di Kota Palopo yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo kepada Rektor UMB Palopo, Prof. Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes, CIPA, berlangsung secara khidmat di Aula Ridwan Saleh Mattayang LLDIKTI IX, Rabu 13 Maret 2024.

Dalam penyerahan tersebut disaksikan Pembina Yayasan, H.Rahim Munir, SP,, MM, Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Dr.Andi Lukman, M.Si, sejumlah pejabat lingkup Pemprov Sulsel diantaranya, Kadis Kesehatan Pemprov Sulsel, Dr. dr. Ishaq Iskandar, M.Kes, MM, MH, Asisten II Pemkot Palopo, Ilham Hamid SE., M.Si.

Hadir juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Irsan Anugrah S.KM.,MM, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Prof. DR. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, SpPD, K-GH, SpGK bersama tim dosen, Dekan Fakultas Kesehatan Maysarakat UNHAS Prof. Sukri Palutturi, S.KM.,M.Sc.PH, Ph.D bersama sejumlah guru besar Unhas, Ketua PDGI Luwu Raya, mitra rumah sakit diantaranya RSPTN Unhas, RS Bhayangkara, RSUP Tajuddin Chalid Makassar, Dirut RSUD Tenriwaru Bone, Dirut RS Sawerigading Palopo, dan sejumlah mitra UMB Palopo yakni Pimpinan BNI Palopo serta Branch Office Rantepao. (ADV)

========================================================

FAKTA FAKULTAS KEDOKTERAN UMB PALOPO
FASILITAS :

= Lab Anatomi
= Lab. Histologi
= Lab. Patologi Anatomi
= Lab. Biokimia
= Lab. Patologi Klinik
= Lab. Fisiologi
= Lab. Farmakologi
= Lab. Mikrobiologi
= Lab. Parasitologi
= Clinical Skills Laboratorium
= Lab. OSCE
= Lab. CBT
= Perpustakaan
= Rumah Sakit

KEUNGGULAN

= Akreditasi Institusi Baik Sekali Dari BAN-PT
= Rumah Sakit Milik Sendiri
= Laboratorium Milik Sendiri Terlengkap Dengan Teknologi Terkini
= CBT (Computer Based Test) Centre
= Perpustakaan Fakultas Kedokteran

PERJALANAN PEMBUKAAN FAKULTAS KEDOKTERAN

– Perencanaan Pendirian Fakultas Kedokteran Bersamaan Dengan Awal berdirinya Rumah Sakit (7 November 2016).
– Proses Pengajuan izin penyelenggaraan, dimulai Pengajuan ke Kemenkes (24 agustus 2023),
– Divisitasi oleh Kemenkes (2 September 2023),
– Mendapatkan Rekomendasi (12 September 2023)
– visitasi gabungan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan,Riset dan Teknologi (12 Desember 2023
– Terbit Izin Penyelenggaraan Program Studi Kedokteran (28 Februari 2024).

ADVERTISEMENT