Lagi, 7 Ruas Pengaspalan Rampung di Palopo

439
Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) melakukan pemantauan di salah satu lokasi pengerjaan pengaspalan.
ADVERTISEMENT

PALOPO — Sempat terkendala hujan, Minggu (6/10/2019) dinihari, rekanan dari CV Agung Perkasa selaku pelaksana proyek peningkatan dan pemeliharaan jalan paket II, berhasil menyelesaikan tugas pengaspalannya di poros Peta-Tandung.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat OlehMW Quiz

Kegiatan pengaspalan ruas Peta-Tandung ini, dikerjakan satu paket dengan enam ruas tersebar lainnya. Pelaksana CV Agung Perkasa, Bambang Susilo, didampingi pelaksana tekhnisnya, Ade Muhaimin, menyampaikan pengaspalan poros Tandung-Peta merupakan pekerjaan bagian yang terakhir dari total 7 ruas proyek peningkatan dan pemeliharaan jalan paket II.

ADVERTISEMENT

“Ketujuh ruas yang kami tangani itu sudah selesai diaspal, kini tinggal memasuki fase finishing yakni berupa pemasangan marka jalan serta pembenahan plat duicker yang mengikut satu paket dengan kegiatan,” urainya.

Ditambahkan Ade Muhamin, sepanjang pelaksanaan kegiatan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D)Kejaksaan Negeri Palopo melakukan monitoring secara ketat pada tujuh item ruas jalan yang ditangani perusahaan yang ia naungi.

ADVERTISEMENT

“Kita secara tertib dan teratur memasukkan laporan progres kegiatan per 20 hari ke TP4D. Mereka juga menindaklanjuti laporan kami itu dengan terjun langsung ke lapangan. Ini untuk memastikan pekerjaan kami tidak keluar dari rel koridor hukum,” tegas Ade Muhamin.

Sekedar diketahui, proyek peningkatan dan pemeliharaan jalan paket II ini menelan anggaran sebesar Rp2.540.266.502 yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Palopo selaku instansi terkait.

Sebelumnya, 7 ruas pengaspalan di Kelurahan Benteng juga rampung yang ditangani PT Aiy Artha Perdana. Dari 16 ruas yang ditangani, PT Aiy Artha Perdana selaku rekanan pemenang tender proyek peningkatan jalan paket 3 (kerikil aspal-aspal), sudah menyelesaikan pengaspalan di tujuh ruas yang telah diprogramkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019. Total anggarannya, sebesar Rp5.027.863.026.

Kadrang, rekanan dari PT Aiy Artha Perdana, Senin (16/9/2019), menyampaikan sejauh ini pihaknya telah mengaspal tujuh ruas. Seluruhnya berada di Kelurahan Benteng, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo. Khusus Benteng, masih menyisahkan satu ruas lagi (Deswita).

“Kegiatan pengaspalan hari ini, kita laksanakan di Jalan Mangile IX. Setelah ruas tersebut rampung dikerja, kita langsung bergerak ke Jalan Pongsimpin untuk melakukan kegiatan pengaspalan sebanyak dua ruas,” terang Kadrang.

Untuk pengaspalan Jalan Mangile IX, memakai kualitas AC-BC. Sementara untuk pengaspalan di Jalan Pongsimpin, tutur Kadrang, menggunakan mutu kualitas AC-BC dan sebagian AC-WC. (asm)

ADVERTISEMENT