Lagi, Iqbal Minta Perketat Protokol Kesehatan di Rumah-rumah Ibadah

93
ADVERTISEMENT

Luwu Utara–Pejabat sementara (Pjs) Bupati Luwu Utara, Muhammad Iqbal Suhaeb, kembali menegaskan pentingnya penegakan protokol kesehatan (protkes) Covid-19 di rumah-rumah ibadah. Hal ini perlu diperketat mengingat kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Luwu Utara terus mengalami peningkatan signifikan dari hari ke hari.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Hari ini saja, Sabtu 10 Oktober 2020, terdapat dua penambahan kasus, sehingga total kasus konfirmasi positif di Lutra kini tembus di angka 277 kasus. “Saya minta kepada kita semua, utamanya para imam desa, untuk tidak berhenti memberikan pemahaman kepada para jemaah akan bahaya virus ini,” kata Iqbal saat membuka Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Panduan Kegiatan Keagamaan yang Aman Covid-19, Sabtu (10/10), di Aula La Galigo Kantor Bupati.

Iqbal juga berharap agar rumah-rumah ibadah, utamanya yang ada di jalan poros trans Sulawesi untuk tetap melakukan pengawasan secara ketat dan penegakan disiplin protokol kesehatan. Mengingat rumah-rumah ibadah yang ada di jalan poros itu adalah tempat persinggahan untuk salat bagi orang-orang yang dalam perjalanan jauh.

“Covid ini masalah kesehatan. Jadi, tolong diperketat, terutama yang ada di jalan-jalan poros trans Sulawesi karena kita tidak tahu siapa yang membawa virus ini, makanya harus diperketat protokol kesehatan,” tegas dia. Untuk itu, dia berharap kepada seluruh imam desa untuk menyampaikan hal urgen ini kepada para jemaah masing-masing. “Sampaikan semua kepada jemaah ta untuk benar-benar memerhatikan protokol kesehatan, seperti jaga jarak, pakai masker, dan rajin cuci tangan,” tandasnya.

ADVERTISEMENT

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial, Bessi A. Pabeangi, menyampaikan bahwa kegiatan Rakor dan Sosialisasi ini semua pesertanya adalah para imam desa, guru TPA, dan guru sekolah minggu. Namun, khusus kali ini, Rakor diikuti para imam desa, sementara yang lainnya sudah mengikuti kegiatan yang sama. “Kita ingin menyamakan persepsi tentang apa yang harus dilakukan di masa pandemi ini,” kata Besse. Narasumber kegiatan ini adalah BKPRMI. Pada kesempatan ini pula, Pjs Bupati Iqbal juga menyerahkan bantuan Alquran dan Buku Khutbah Jumat kepada seluruh perwakilan masjid yang ada di Luwu Utara. (LH)

ADVERTISEMENT