Lahan Kosong Terbakar, Warga Perum Imbara Palopo Panik

807

PALOPO – Warga Perum Imbara I, Kel. Takkalala dibuat geger dengan terbakarnya lahan kosong, Senin (27/8) sore. Lahan kosong itu dipenuhi rumput dan ilalang yang mengering akibat musim kemarau.

Lokasi kebakaran itu sangat berdekatan dengan rumah penduduk. Melihat hal tersebut, warga sekitar langsung menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palopo. Beruntung, si penjinak api sampai tepat waktu sebelum apinya membesar.

“Kami menerima laporan sekira pukul 16.27 Wita dari warga. Setelah sampai ke lokasi kejadian, kami langsung memadamkan api. Sebenarnya api itu tidak terlalu besar, namun tetap berpotensi membahayakan karena berdekatan dengan rumah penduduk,” ujar Kasi Pengendali Operasi dan Komunikasi, Andi Mappa Onang.

Dua armada mobil kebakaran dikerahkan. Diduga api berasal dari sisa pembakaran sampah yang dilakukan salah seorang warga sekitar. Karena kurang hati-hati api lalu menyambar rumput kering yang berada disekitarnya. Tiupan angin juga membantu penyebaran api di lahan kosong itu.

Olehnya itu, Andi Mappa menghimbau kepada warga untuk tidak melakukan pembakaran di lahan-lahan kosong. Sebab, saat ini Kota Palopo memasuki musim kemarau. Rumput kering dapat dengan mudah terbakar dan menjalar hingga menyebabkan kebakaran meluas.

“Saat ini sudah memasuki musim kemarau. Sebaiknya warga tidak membakar sampah, sebab itu berpotensi menimbulkan kebakaran yang lebih besar,” pungkasnya. (liq)