Lakukan Dua Metode, SMPN 4 Palopo Sukses Gelar Ujian Sekolah

45
SMPN 4 Palopo sukses melaksanakan ujian Sekolah. (Dok. SMPN 4 Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — SMPN 4 Palopo sukses melaksanakan ujian Sekolah. Ujian tersebut merupakan ujian akhir untuk penentuan kelulusan kelas 9. Ujian Sekolah yang dilaksanakan mulai tanggal 28 Maret hingaa 7 April 2022 itu berjalan lancar tanpa kendala. Hal itu diungkapkan Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum, Satriani, Selasa 12 April 2022.

Satriani, mengatakan ada dua metode yang dilakukan untuk menguji siswa di sekolah tersebut, test paper atau ujian berbasis kertas dan ujian praktek.

“Dikembalikan kepada guru mata pelajaran masing-masing apakah mau menguji dengan cara ujian praktek atau berbasis kertas. Hal ini kami lakukan berdasarkan kebijakan dari Kemendikbud dimana setiap satuan pendidikan mempunyai wewenang untuk menguji peserta didik selama ujian Nasional ditiadakan,” katanya.

Sebanyak 294 siswa SMPN 4 Palopo yang mengikuti ujian tersebut. Ujian berjalan lancar tanpa kendala sampai dengan pelaksanaan ujian tersebut selesai.

ADVERTISEMENT

Selain itu dia menyebut ada beberapa mata pelajaran yang dilakukan dengan cara praktek yang dilakukan dengan berkolaborasi dengan mata pelajaran lainnya.

“Seperti Prakarya, IPA dan IPS. Ketiga mata pejaran ini berkolaborasi dalam menguji siswa. Salah satu ujiannya adalah cara membuat tape dari awal sampai tahap pemasaran. IPA mempelajari tentang proses pengolahannya, Prakarya tentang penyajian dan IPS tentang pemasarannya,” tutur Satriani.

Kelulusan siswa akan diumumkan sesuai jadwal yang ditentukan oleh Pemerintah Pusat. (hwn/liq)

ADVERTISEMENT