Lama Dirindukan Umat Muslim, Opening Ceremony MTQ X Kota Palopo akan Berlangsung Meriah, FKJ Didaulat Jadi Ketua Umum Panitia

291
Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palopo siap melaksanakan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) X tingkat Kota Palopo. (Dok. Andri Sudirman)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palopo siap melaksanakan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) X tingkat Kota Palopo. Jika tidak ada aral melintang, MTQ ini akan digelar selama tiga hari, mulai 28 Maret 2022 mendatang.

Pemkot Palopo melalui Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota Palopo bersama pihak Kemenag dan pihak terkait lainnya mengelar rapat persiapan MTQ di SaokotaE, Kamis (17/3/2022) sore kemarin. Rapat ini dipimpin Ketua Umum Panitia MTQ X tingkat Kota Palopo tahun 2022, Farid Kasim Judas, didampingi panitia lainnya, diantaranya Asir Mangopo selalu ketua I, Darni selaku Ketua II, dan Misbahuddin selaku sekretaris panitia, dan Supiati selaku bendahara panitia.

Dalam rapat tersebut terungkap, pelaksanaan MTQ di kota bermotto ‘Idaman’ ini akan dipusatkan di Lapangan Pancasila dan berbagai masjid lainnya di Palopo. “Sesuai hasil rapat, Insya Allah, seluruh panitia siap melaksanakan MTQ X tingkat Palopo,” ujar Farid Kasim Judas, usai memimpin rapat.

Dikatakan FKJ– begitu Farid Kasim Judas akrab disapa– berbagai kegiatan dan lomba akan digelar dalam perhelatan MTQ. Diantaranya, saat opening ceremony, panitia akan menampilkan kapilah dari setiap kecamatan dengan target 100 orang per kecamatan. Kafilah akan dinilai tim juri, yang nantinya pemenangnya akan diumumkan saat penutupan MTQ. “Opening ceremony akan dibuat semeriah mungkin, tetapi tetap dalam penerapan protokol kesehatan,” katanya.

ADVERTISEMENT

Opening ceremony MTQ diadakan semeriah mungkin, kata FKJ, diadakan panitia karena kegiatan ini adalah milik masyarakat Kota Palopo yang sudah lama merindukan MTQ. “Saat opening ceremony juga akan ditampilkan qori yang akan jadi icon opening ceremony, akan ada pembacaan ayat Al-Qu’ran,” kata Kepala BKPSDM Kota Palopo.

Untuk menyukseskan MTQ ini, FKJ mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat, termasuk instansi pemerintah dan swasta yang ada di kota ini. “Mari kita bersama-sama menyukseskan MTQ X ini, tentunya panitia yang sudah menyiapkan berbagai program dan merancang kegiatan religi ini membutuhkan dukungan dari masyarakat. Mari kita sukseskan MTQ ini, yang memang sudah lama dirindukan masyarakat Kota Palopo, terutama umat muslim,” kata FKJ, seraya menambahkan, MTQ ini diadakan jelang memasuki Bulan Suci Ramadhan.

Dikatakan FKJ, pelaksanaan MTQ ini masih dalam suasana pandemi covid-19, sehingga pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Panitia dalam rapat persiapn telah memutuskan,
seluruh panitia, dewan hakim, panitera dan peserta diwajibkan melakukan tes swab antigen untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19, termasuk memakai masker dan taat protokol kesehatan lainnya.

Menurut FKJ, MTQ adalah bagian dari upaya agar Al’quran menjadi bagian penting setiap kegiatan masyarakat, juga menyiapkan generasi milenial cinta Alquran. Bahkan, MTQ adalah puncak dari gerakan
literasi Al’quran. Dengan demikian, Al’quran tidak hanya dibaca, namun diharapkan difahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Diketahui, MTQ X tingkat Kota Palopo tahun 2022 akan melombakan berbagai cabang musabaqah, diantaranya Cabang Tilawah Al-Qur`an; golongan Tartil Al-Qur`an anak-anak, remaja, dewasa, qiro’at sab’ah putra dan putri. Cabang Hifzh Al-Qur`an; golongan1, 5 juz dan tilawah, 10, 20, 30 juz putra dan putri. Cabang Tafsir Al-Qur`an; golongan Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris putra dan putri. Cabang Fahm Al-Qur`an (MFQ), 1 Group putra dan putri. Cabang Syarhil Al-Qur`an (MSQ) 1 Group putra dan putri. Cabang Khath; golongan Naskah, Hiasan Mushaf, Dekorasi, Kontemporer putra dan putri. Cabang Makalah Al-Qur`an (MMQ) Putra dan Putri. (and)

ADVERTISEMENT