Launching ASM dan LST, Budiman: Sungai Malili Jadi Destinasi Wisata Baru Luwu Timur

108
BUPATI Luwu Timur (Lutim), H. Budiman secara resmi melaunching sebuah tempat wisata baru yang ada di Kecamatan Malili, yakni Anjungan Sungai Malili (ASM) dan sekaligus melaunching Lutim Sport Tourism (LST) yang dipusatkan di pelataran jalan pinggir sungai Malili, Kelurahan Malili, Kecamatan Malili, Rabu (12/01/2022).
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Bupati  Luwu Timur (Lutim), H. Budiman secara resmi melaunching sebuah tempat wisata baru yang ada di Kecamatan Malili, yakni Anjungan Sungai Malili (ASM) dan sekaligus melaunching Lutim Sport Tourism (LST) yang dipusatkan di pelataran jalan pinggir sungai Malili, Kelurahan Malili, Kecamatan Malili, Rabu (12/01/2022).

Launching tersebut ditandai dengan pelepasan burung merpati dilakukan Budiman bersama segenap unsur Forkopimda Luwu Timur, Sekretaris Daerah, H. Bahri Suli, Ketua TP–PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriaty, Ketua DWP Lutim, Hj. Masrah, para Asisten dan Staf Ahli, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri, dan segenap Kepala OPD lingkup Pemerintah Daerah Luwu Timur, yang disaksikan oleh peserta senam bersama diantaranya para Pejabat Eselon III, Pimpinan Instansi Vertikal, Manajemen PT. Vale dan PT. CLM, para Kepala Sekolah dan Guru Olahraga dalam wilayah Kecamatan Malili, dari pihak per-Bank-kan, Komunitasi Sepeda, Skateboard dan Sepatu Roda.

Tujuan dilakukannya launching ini, ialah sebagai upaya memperkenalkan prospek Sport Tourism (menggabungkan event olahraga dan destinasi wisata dalam satu kemasan) dan juga sebagai upaya untuk menggairahkan dunia pariwisata dan olahraga di Kabupaten Luwu Timur.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman berharap sungai Malili ini menjadi destinasi wisata bukan hanya buat orang Malili saja, tapi bisa juga orang luar Malili maupun Luwu Timur datang kesini untuk menikmati keindahan sungai Malilil.

ADVERTISEMENT

Pada kesempatan tersebut, Bupati Luwu Timur juga berencana untuk menjadikan kawasan Anjungan Sungai Malili ini sebagai kawasan Car Free Day. “Insya Allah, ijin Pak Kapolres, semoga omicron tidak masuk ke daerah kita dan tetap level 1 covid-19, kita bisa car free day di tempat ini setiap hari Sabtu dan Minggu, dan kemudian para penjual juga bisa disini berjualan, karena roda perekonomian di tengah pandemi ini tetap harus bisa berjalan dengan baik,” ungkap
Budiman.

Usai melakukan pelepasan burung merpati, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan senam bersama disepanjang pelataran Anjungan Sungai Malili dengan menghadirkan instruktur senam terbaik yang ada di Kabupaten Luwu Timur.

WISATA DAERAH

Sport Tourism merupakan sebuah kegiatan yang mengkombinasikan antara wisata dan olahraga dengan tujuan untuk memperlihatkan destinasi wisata daerah. Karena berdasarkan fakta di lapangan, sport tourism ini adalah wisata yang cepat berkembang.

Kepala Dinas Pariwata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Luwu Timur, Andi Tabacina Akhmad mengungkapkan hal tersebut menyampaikan laporannya pada acara Launching Anjungan Sungai Malili (ASM) dan sekaligus juga melaunching Lutim Sport Tourism (LST), Rabu (12/01/2022).

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini mengaku optimis sport tourism di Luwu Timur ini dapat berkembang. “Kalau di Jawa Tengah ada Borobudur Maraton, Insya Allah atas perkenaan dan doa restu bapak ibu semua, mungkin kita juga bisa nanti melaksanakan, seperti istilah bapak Bupati yakni Batara Guru Run. Karena di Luwu Timur ini ada 3 pantai yang saling terkoneksi, diantaranya Pantai Lemo, Pantai Balo-Balo dan Pantai Ujung Suso. Mungkin suatu saat kita bisa mengadakan semacam lari maraton disitu sehingga potensi wisata kita dapat dilihat orang lain,” ungkap Andi Tabacina Akhmad.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu Timur, Sahmuddin dalam laporannya mengungkapkan, Anjungan Sungai Malili mulai dibangun oleh Dinas PUPR pada tahun 2020 dengan menghabiskan anggaran kurang lebih Rp15 Miliar dengan total panjang penataan Anjungan tersebut 252 meter.

Sahmuddin berharap, pihak Perbankan bisa berkolaborasi dan mengambil bagian dalam menata Anjungan Sungai Malili tersebut, apakah dengan menambah lampu-lampu hias dan menulis nama masing-masing Bank yang terlibat dalam penataan ini.

“Insya Allah tahun ini, kami berencana akan membangun lanjutan tanggul sungai Malili. Hal ini karena kami dari Dinas PU-PR hanya ingin memastikan bahwa sebagai salah satu UPT pendukung pencapaian visi-misi Pemerintah daerah sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD bahwa menyediakan infrastruktur daerah yang memadai menjadi bagian dari tanggungjawab Dinas PU-PR,” tandas Sahmuddin.

Anjungan Sungai Malili dan Lutim Sport Tourism ini resmi dilaunching oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman ditandai dengan pelepasan Burung Merpati bersama segenap unsur Forkopimda Luwu Timur, Sekretaris Daerah, H. Bahri Suli, Ketua TP – PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriaty, Ketua DWP Lutim, Hj. Masrah, para Asisten dan Staf Ahli, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri, dan segenap Kepala OPD lingkup Pemerintah Daerah Luwu Timur, yang disaksikan oleh peserta senam bersama diantaranya para Pejabat Eselon III, Pimpinan Instansi Vertikal, Manajemen PT. Vale dan PT. CLM, para Kepala Sekolah dan Guru Olahraga dalam wilayah Kecamatan Malili, dari pihak per-Bank-kan, Komunitasi Sepeda, Skateboard dan Sepatu Roda. (rah)

ADVERTISEMENT