Lawan Riba! Lewat P2UK, Pengusaha Muhammadiyah Palopo Ini Bayarkan Utang Pedagang Kecil ke Rentenir

4433
H. Kemal Eden Malinta bersama istri
ADVERTISEMENT

PALOPO–Nama Kemal Eden Malinta cukup dikenal di Kota Palopo sebagai pengusaha berbasis Muhammadiyah. Belakangan, Kemal yang mulai merintis sekolah pelayaran ini, getol meneriakkan tolak atau lawan segala bentuk riba. Dalam berbagai kesempatan, Kemal mengajak warga dimana saja agar ikut melawan segala bentuk praktik riba melalui akun media sosialnya.

Bentuk perlawanan terhadap riba diwujudkan Kemal bersama sejumlah pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Palopoo. Melalui Lembaga Pusat Pengembangan Usaha Kecil (P2UK) bentukan PD Muhammadiyah Kota Palopo, Kemal bersama penguruis P2UK membantu pegadang sayur di Kota Palopo agar terbebas dari utang rentenir berbau riba.

ADVERTISEMENT

“Sudah ada 13 pedagang sayur di PNP dibantu. Kami bantu bayarkan utangnya supaya terbebas dari riba,” kata Kemal usai salat Jumat kepada KORAN SERUYA, 28 Mei 2021.

Tak hanya dibantu melunasi utangnya, pedagang kecil ini juga dibantu pinjaman tanpa bunga. “Pinjaman yang diberikan bisa dicicil tanpa adanya bunga atau riba. Ini kami lakukan agar pedagang sayur yang selama ini terbelit utang rentenir bisa terbebas dari riba,” kata Kemal yang juga Wakil Ketua
P2UK PD Muhammadiyah Palopo.

ADVERTISEMENT

Diakui pendiri Akademi Maritim Indonesia (AMI) Kota Palopo ini, pihaknya masih terbatas membantu para pedagang kecil agar tidak mengambil utang melalui rentenir karena terkendala permodalan. Namun, pihaknya tetap berusaha agar jumlah pedagang yang dibantu kian meningkat.

Untuk tahap pertama, urai Kemal, P2UK Palopo telah menggulirkan dana bantuan sebesar Rp40 juta lebih per 22 April 2021. Tahap kedua, pihaknya berencana menggulir bantuan sebesar Rp35 juta untuk membantu pedagang lainnya agar terbebas dari riba.

ADVERTISEMENT

Dengan adanya program P2UK, Kemal berharap mata rantai utang piutang antara pedagang dengan rentenir terputus. “Kami menyampaikan terima kasih kepada
para dermawan yang telah membantu saudara kita, terkhusus buat ibu Rektor Universitas ternama di Kota Palopo yang subuh langsung kirim zakat hartanya. Semoga Allah Azza wa Jalla senantiasa memberikan rahmat dan keberkahan-Nya,” ujar Kemal.

Untuk diketahui, program P2UK tujuannya memberantas riba dengan cara membantu pedagang sayur mayur, pedagang kecil untuk menutupi pinjaman rentenir atau riba. Pengurus P2UK PD Muhammadiyah Palopo diketuai H Abubakar Malinta, Wakil Ketua H Kemal Eden Malinta, dan Sekretaris Muh Syaidin Syafar. (***)

ADVERTISEMENT