Layanannya Paling Prima Sepanjang 2020, RSU St Madyang Akhirnya Raih Penghargaan dari BPJS-Kes Palopo

250
ADVERTISEMENT

PALOPO–Karena dianggap terbaik dalam mewujudkan komitmen berupa pelayanan prima kepada para pasien dan pelanggan setianya, RSU St Madyang yang terletak di Jalan Andi Kambo 87, Wara Timur, Palopo, baru-baru ini mendapat penghargaan dari Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palopo.

Penghargaan bagi salah satu rumah sakit terbaik pelayanannya kepada pasien JKN pengguna KIS/Jamkesda itu diserahkan langsung Kepala BPJS Cabang kota Palopo kepada Direktur RSU St Madyang Palopo dr. HA Thamrin Jufri MKes, disaksikan pula oleh Ketua Yayasan RSU St Madyang dr Nasaruddin Nawir SPOG MARS, pada Jumat 18 Desember 2020 lalu di salah satu plaza di kota Palopo.

Setiap tahun pihak BPJS Kesehatan Palopo melakukan penilaian kinerja kepada seluruh rumah sakit mitra BPJS di wilayah Luwu Raya. Untuk tahun 2020 ini dari hasil penilaian dengan melihat beberapa aspek sebagai indikator penilaian, ternyata dari 13 lembaga pelayanan kesehatan (rumah sakit/klinik) yang jadi mitra kerja BPJS di Luwu Raya selama ini, justru RSU ST Madyang yang dipimpin oleh dr HA Thamrin Jufri, yang juga mantan Kadis Kesehatan kota Palopo yang mendapatkan nilai tertinggi sehingga oleh pihak BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara JKN memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi dan juga ucapan terima kasih, terang dr Thamrin dalam siaran persnya.

Direktur RSU St Madyang Palopo dr. HA Thamrin Jufri MKes saat menerima redaksi KORAN SERUYA, Senin 21 Desember 2020 di ruang kerjanya. 

“Penghargaan ini merupakan tantangan bagi pihak kami untuk lebih mengoptimalkan sumber daya yang kami miliki dalam memaksimalkan pelayanan peserta BPJS di RS,” ucap dr Thamrin yang ditemui KORAN SERUYA di ruang kerjanya, Senin (21/12/2020).

ADVERTISEMENT

“Keberhasilan ini adalah berkat kerja sama yang baik dari semua pihak yang berkepentingan, pihak manajemen RS, pihak tenaga medis, Paramedis, seluruh karyawan dan yang paling utama adalah dukungan dan komitmen dari ketua Yayasan,” imbuhnya.

Diantara pelayanan prima yang bisa anda dapatkan di rumah sakit yang berada di pusat kota idaman ini adalah RSU St Madyang telah melengkapi hampir seluruh pelayanan dokter spesialis.

Di rumah sakit ini sudah tersedia antara lain Poliklinik Spesialis penyakit dalam, Spesialis penyakit bedah, Spesialis penyakit anak, Spesialis penyakit kebidanan & kandungan, Spesialis penyakit THT, Spesialis penyakit kulit & kelamin, Spesialis penyakit saraf, Spesialis penyakit tulang dan sendi, Spesialis penyakit jantung danpembuluh darah, Spesialis penyakit mata, Spesialis penyakit urologi (ginjal, prostat, saluran kencing), dan sebagainya.

Bukan hanya itu, RS St Madyang juga menyiapkan peralatan yang lebih lengkap dan canggih dibandingkan rumah sakit lain. Lanjut disampaikan direktur utamanya bahwa pada tahun 2020, pihaknya telah mengembangkan beberapa jenis pelayanan unggulan RS yang sesuai dengan kemampuan sumber daya dimiliki.

Diantaranya,

Jenis Pelayanan Spesialis Jantung

Jenis pelayanan ini ditangani oleh dua dokter sub spesialias Jantung yang didukung oleh peralatan yang cukup canggih. Dimana kunjungan dalam 3 bulan terakhir ini frekwensinya cukup tinggi. Masyakarat yang datang berobat di tempat ini bukan saja dari kota Palopo tetapi juga dari Sorowako, Malili, Bone-bone hingga Larompong Selatan dan Toraja.

Jenis pelayanan Spesialis Mata

Pelayanan masuk kategori unggulan, karena di RS St Madyang telah memilki peralatan canggih untuk pasien yang ingin operasi kasus Katarak, namanya Feco. Operasi dengan Feco ini jauh lebih unggul dibandingkan dengan operasi katarak dengan cara konvensional.

Beberapa keunggulannya, sayatan operasi keci sehingga penyembuhannya cepat, penderita hanya merasakan nyeri ringan di mata, selesai operasi pasien langsung bisa pulang.

Jenis Pelayanan Penyakit Gigi dan Mulut

RSU St Madyang memiliki tenaga dokter spesialis gigi dan mulut yaitu Ahli bedah mulut dan ahli ortodentik/ortodensia (Kosmetik Gigi). Dengan adanya 2 tenaga spesialis ini diharapkan masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan yang serius pada gigi dan mulut, tidak usah khawatir. Anda bisa datang berkunjung ke Poliklinik Gigi RSU ST Madyang yang dibuka setiap hari.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2020 ini pelayanan Spesialis Kebidanan dan Kandungan tetap menempati urutan teratas jumlah kunjungannya.

Direktur RSU St Madyang Palopo dr. HA Thamrin Jufri MKes saat menerima penghargaan dari BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Jumat 18 Desember 2020 lalu di lantai IV Mega Plaza

Nah, ini karena RSU ST Madyang memang sudah dikenal luas oleh masyarakat Se Luwu Raya sebagai RS pilihan untuk pelayanan ibu dan anak terutama persalinan.

Kunjungan persalinan 60% dari luar kota Palopo yaitu dari Luwu, Luwu Utara dan bahkan dari Luwu Timur. Hal ini mungkin merupakan imbas dari awal berdirinya RS ini sebagai RS Khusus Ibu dan Anak.

Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan, maka RSU ST Madyang tahun 2020 ini telah mengembangkan sistem manajemen berbasis teknologi digital yaitu telah mengoperasikan SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah sakit) terintegrasi.

Dengan sistem ini, proses pelayanan di RS semakin simpel, cepat, akurat, dan data medis pasien tersimpan dengan aman dan cepat didapat jika diperlukan.

Yang paling dirasakan manfaatnya oleh pasien, khususnya pasien peserta BPJS yaitu diterapkannya Sistem Pendaftaran Online di saat hendak berobat ke RSU St Madyang. Sebab mereka tak perlu lagi mengantri, yang kadang membuat waktu lebih banyak terbuang, apalagi di masa pandemi covid-19 saat ini, yang membuat rumah sakit swasta tersebut lebih memilih mencegah kerumuman pasien dan keluarganya di tempat antrian pendaftaran untuk berobat.

Pasien sebelum ke rumah sakit dipersilahkan mendaftar terlebih dulu secara Online di rumah masing-masing, melalui aplikasi di WhatsApp dengan nomor 0853-4532-7237. Pendaftaran Online ini resmi menerima layanan sejak pukul 17.00 s/d 22.00 Wita (sore s/d malam) untuk diperiksa pada jadwal keesokan harinya. (iys)

ADVERTISEMENT