Legislator PDIP DPR RI Perjuangkan Lanjutan Pembangunan Terminal Regional, Alfri: Juga Fasilitasi Pengadaan Bus Anak Sekolah

358

PALOPO — Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil III Sulawesi Selatan, Sarce Bandaso Tandiasik SH akan memperjuangkan lanjutan pembangunan Terminal Regional Type A serta penambahan armada bus angkutan anak sekolah di kota Palopo.

Tim Ahli Sarce Bandaso, Alfri Jamil mengungkapkan hal tersebut, Minggu, 03/11/2019 melalui aplikasi WA.

Dikatakan Alfri, dengan ketersediaan anggaran yang terbatas dimana aksesibilitas terminal dengan simpul kegiatan masyarakat yang tidak terpadu dan tata letak ruangan yang tidak memadai di mana sering terjadi persilangan antara kendaraan dan manusia dalam lingkungan terminal, kondisi fasilitas penunjang terminal terabaikan dan tidak terawat serta manajemen pengelolaan terminal belum sesuai norma, standar prosedur dan kriteria yang berlaku dan kurangnya kompetensi SDM pelaksana di lapangan sehingga kegiatan perencanaan, pengembangan, pengaturan, pengendalian dan pengawasan terhadap arus kendaraan umum yang masuk parkir dan keluar dari terminal sebelumnya tidak teratur menjadi faktor yang mempengaruhi agar pembangunan Terminal Regional Type A harus segera dilanjutkan.

“Dari dasar tersebut juga berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan RI No SK 1794/AJ tentang Penetapan Lokasi Terminal Penumpang Type A di Kota Palopo provinsi Sulawesi Selatan dan Surat Keputusan Walikota Palopo No 604/lX/2005 tentang penetapan lokasi terminal Regional kota Palopo dan hasil pengukuran oleh Badan Pertanahan Nasional, Terminal Regional harus segera dilanjutkan,” ungkap Alfri.

Ditambahkan Alfri, selain atas dasar hal yang teleh disebutkan diatas, Surat Direktur Lalu Lintas dan angkutan jalan (LLAJ) No AJ.106/I/DJPD/2011 perihal pembangunan terminal Type A kota Palopo juga menjadi dasar hingga Sarce Bandaso Tandiasik akan membawa hal ini pada tingkat pembahasan di Komisi V DPR-RI

“Mohon didoakan agar pada tingkat pembahasan Komisi tak menemui kendala hingga lanjutan pembangunan Terminal Regional Type A dapat segera dilanjutkan,” kata Alfri lagi.

Alfri juga mengatakan, selain lanjutan pembangunan Terminal Regional Type A, Sarce Bandaso juga berupaya memfasilitasi pengadaan bus sekolah bagi pelajar di kota Palopo. Pengadaan Bus Sekolah ini, kata Alfri merupakan aspirasi dari orang tua Wali Siswa.

“Rerata (orang tua siswa) menyampaikan kiranya anggota DPR RI dapat memfasilitasi adanya pengadaan bus sekolah. Pasalnya, anak usia sekolah secara hukum belum memenuhi syarat untuk mengendaraia sendiri kendaraan bermotor tetapi pada kenyataan justru banyak anak usia sekolah SMP & SMA yang membawa/mengendarai sendiri ke sekolah,” ungkap Alfri. (Hry)