Lembaga Seni Budaya Sawerigading Luwu Gelar Dialog Budaya Awal Tahun 2020

392
Ketua Lembaga Sanggar Seni Budaya Sawerigading Belopa, Muh Rivaldi A Tadda menyerahkan cenderamata kepada Kadis Pendidikan Luwu, Amang Usman selaku pemateri
ADVERTISEMENT

BELOPA–Lembaga Budaya Sawerigading Luwu menggelar dialog kebudayaan di Lapangan Andi Djemma, Kota Belopa, Jumat (3/1/2020). Dialog kebudayaan ini sebagai kegiatan awal tahun 2020 yang diprakarsai para pemerhati budaya di Kabupaten Luwu.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Dialog yang berlangsung selama dua jam ini, mulai pukul 20:00-22:00 Wita ini, menghadirkan tiga narasumber, yakni Kadis Pendidikan Luwu, Amang Usman, Ketua Generasi Pesona Indonesia, Iqbal Lagaligo, dan penggiat budaya, Dr AM Ajigoena.

Dalam dialog kebudayaan yang mengsung tema ‘Merefleksi Perjuangan Pemuda-Pemudi Tana Luwu di Era Milenial dengan Kearifan Lokal’,
Amang Usman selaku salah satu narasumber, menyambut positif dialog tersebut.

Menurut Amang Usman, pemuda-pemudi Luwu patut mengetahui budaya daerahnya, sehingga tidak mampu membentengi diri dari berbagai pengaruh budaya luar di era internet yang semakin maju.

ADVERTISEMENT

Sementara Iqbal Lagaligo berpendapat, budaya sangat penting dipahami setiap generasi muda, apalagi memasuki era teknologi canggih pembaruan budaya begitu cepat. Menurut Iqbal, budaya memiliki dua makna.

Pertama, urai dia, budaya harus dimaknai sebagai budaya itu sendiri, dan kedua budaya bermakna kehidupan. “Yang terpenting, kita inginkan pemuda-pemudi Luwu agar lebih memperhatikan budaya, khususnya budaya di Tana Luwu. Tentunya memahami budaya dalam konteks
proses pertukaran ilmu tentang kebudayaan yang ada di daerah,” katanya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Ketua Lembaga Sanggar Seni Budaya Sawerigading Belopa, Muh Rivaldi A Tadda mengatakan, dialog yang diadakan pihaknya sebagai kegiatan awal tahun 2020. “Kami sangat senang, karena dialog budaya ini mendapat apresiasi semua pihak,” katanya.

Dialog ini dihadiri berbagai lembaga kepemudaan di Luwu, di antaranya Pemuda Pancasila, pengurus PP IPMIL Luwu, pengurus Karang Taruna, dan lain-lain. Hadir juga sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Luwu, salah sautnya Kadis Kominfo Luwu, Anwar Usman. (andri)

ADVERTISEMENT