Lepas 124 CJH Luwu, Basmin Mattayang Minta Fokus Beribadah Agar Jadi Haji Mabrur

21
Bupati Luwu, DR H. Basmin Mattayang melepas secara simbolis JCH Luwu.
ADVERTISEMENT

BELOPA–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu melaksanakan prosesi pelepasan dan pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) tahun 1443 H/2022 M di aula rumah jabatan Bupati Luwu, Kelurahan Pammanu Kecamatan Belopa Utara, Minggu (19/6/2022) malam lalu.

Sebanyak 124 orang JCH dilepas Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang yang disaksikan oleh unsur Forkopimda dan para keluarga JCH yang sangat antusias menyaksikan prosesi pelepasan. Usai dilepas Bupati Luwu, satu persatu JCH naik ke bus didampingi oleh petugas haji dari Kantor Kementerian Agama dan petugas dari Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Luwu.

Sambil melambaikan tangan, Bupati Luwu tampak terharu menyaksikan satu persatu bus keluar dari rumah jabatan yang membawa para JCH menuju Asrama Haji Sudiang Makassar.

Dalam sambutannya, Bupati Basmin mengajak seluruh JCH agar lebih fokus berdoa, berzikir dan mengucap syukur kepada Allah SWT karena telah diberi kesempatan untuk melaksanakan haji tahun ini.

ADVERTISEMENT

“Kita semua jangan lupa untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT, karena atas nikmatNya bapak ibu bisa berangkat haji tahun ini, setelah 2 tahun mengalami penundaan lantaran pandemi Covid-19,” ujar Basmin Mattayang.

Bupati bergelar doktor ini menyampaikan kepada para JCH agar memusatkan pikiran dan niat yang tulus untuk beribadah guna meraih haji mabrur.

“Di tanah suci, bisa saja kita diterpa berbagai ujian tergantung apa yang telah kita perbuat dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena sebelum berangkat ke Mekkah, mari kita pusatkan pikiran dan perbaiki niat semata-mata untuk beribadah, dan di setiap sholat berserah diri kepada Allah SWT, mohon ampunan atas segala dosa yang pernah diperbuat, semoga kita mendapat Ridho-Nya untuk meraih haji mabrur,” ungkap Basmin Mattayang.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Basmin mengingatkan kepada JCH agar menjaga kekompakan, kebersamaan, menjunjung budaya sipakatau, saling melindungi dan menjaga semua bisa aman dan tenang dalam menjalankan seluruh tahapan ibadah haji.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu, H Muh Jufri melaporkan, rombongan JCH Kabupaten yang berjumlah 124 orang terdiri dari 37 orang jemaah laki-laki dan 87 orang perempuan. Mereka masuk dalam Kelompok Terbang (Kloter) IV bergabung bersama Kabupaten Pinrang, Barru, dan Kota Makassar melalui embarkasi Makassar.

Dalam rombongan tersebut, tercatat JCH termuda berusia 23 tahun atas nama Nurlinda asal Kecamatan Larompong Selatan, dan JCH tertua bernama Basir, berasal dari Desa Balo-Balo Kecamatan Belopa dengan usia 64 tahun. Diantara rombongan JCH, terdapat putra kedua Bupati Luwu, Andi Muhammad Ahkam Basmin. (mat)

ADVERTISEMENT