Lepas 153 JCH Lutim, Budiman : Insha Allah Raih Predikat Haji Mabrur

77
ADVERTISEMENT

MALILI — Bupati Luwu Timur, H. Budiman melepas keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) Tahun 2023/1444 Hijriah Kabupaten Luwu Timur sekaligus menutup pelaksanaan Manasik Haji yang bertempat di Aula Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Luwu Timur, Minggu (28/05/2023). Turut hadir, Kepala Kemenag Luwu Timur, H. Misbah, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, dr. Adnan D. Kasim, Kabag Kesra Setda Lutim, Fauzi Daeng Parebba, Perwakilan OPD terkait dan para Calon Jamaah Haji Luwu Timur Tahun 1443 H/2023 M.

Dalam sambutannya, Bupati Budiman menyampaikan rasa syukur serta ucapan selamat menunaikan ibadah haji kepada para jamaah dari Kabupaten Luwu Timur yang telah lama menanti kesempatan untuk memenuhi panggilan ke Baitullah. Beliau berharap, dengan pelatihan Manasik Haji yang diselenggarakan sebelumnya oleh Kemenag Luwu Timur, dapat menjadi bekal persiapan secara fisik dan mental para jamaah selama menjalankan ibadah haji nantinya.

ADVERTISEMENT

“Berkaitan dengan hal itu juga, saya berpesan kepada para Jamaah Calon Haji Kabupaten Luwu Timur, agar saling menjaga satu sama lainnya. Ingatlah selalu, sesama jamaah dalam rombongan ibaratnya satu keluarga yang senasib dan sepenanggungan, sehingga hendaknya tidak memprioritaskan diri sendiri tapi mengedepankan kepentingan bersama,” pesannya.

“Pemerintah daerah juga telah menyiapkan segala sesuatunya agar bapak ibu tidak kesulitan dan tetap khusyu selama menjalankan rangkaian ibadah haji kedepan. Olehnya itu, dihimbau agar tidak berlebihan membawa barang karena fasilitas yang disiapkan nantinya sudah cukup baik dan telah memenuhi standar pelayanan internasional,” ujar Bupati.

ADVERTISEMENT

Bupati berharap agar sepulang dari baitullah nantinya para jamaah haji tahun ini juga ikut berpartisipasi dalam mensejahterakan warga yang membutuhkan bantuan. Seperti ikut menggalakkan kegiatan Jumat Berbagi disekitar daerah masing-masing. “Saya mendoakan semoga bapak dan ibu sekalian selalu diberikan kesehatan dalam pelaksanaan ibadah Haji disana. Insha Allah meraih predikat Haji Mabrur dan kembali ke Luwu Timur juga dengan kondisi sehat walafiat,” tandas Budiman.

Pelepasan Jamaah Calon Haji ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis Perlengkapan Calon Haji Tahun 2023 berupa Tas Koper dan Tas Pinggang kepada perwakilan calon jamaah haji yang dilakukan oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman. Berdasarkan penyampaian dari Kepala Kementrian Agama Luwu Timur, H. Misbahudin bahwa, pada Tahun 2023/1444 H, Calon jamaah Haji Kabupaten Luwu Timur sebanyak 153 Jamaah dan tambahan Mutasi 2 Jamaah dari Provinsi Sulawesi Tengah Kabupaten Parigi Moutong yang akan diberangkatkan melalui embarkasi Makassar.

ADVERTISEMENT

Jamaah Calon Haji Kab. Luwu Timur tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 14 Embarkasi / Debarkasi Makassar (UPG) yang berjumlah 393 Jamaah terdiri dari Tenaga Kesehatan, Pembimbing, Ketua Kloter, Pemandu Haji Daerah, 1 Jamaah asal Kota Makassar dan 230 Jamaah asal Kab. Luwu Utara.

Jamaah Tertua atas nama Landreng Bin Palakatang (Usia 91 Tahun) yang beralamat di Desa Rante Angin, Kec. Towuti dan Jamaah Termuda atas nama Ilham Luther Bin Luther (Usia 32 Tahun) yang beralamat di Dusun Salabu, Desa Wewangriu, Kec. Malili. Dijadwalkan, pada Tanggal 02 Juni 2023 Pukul 15.00 WITA Jamaah Kab. Luwu Timur akan diterima di Asrama Haji Sudiang Embarkasi Makassar dan pada Tanggal 03 Juni 2023 Pukul 15.30 WITA akan berangkat dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menuju Bandara Pengeran Muhammad Bin Abdul Aziz di Madinah dengan nomor penerbangan GIA 1114.

Untuk Jadwal Kepulangan Jamaah dari Tanah Suci melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah pada Tanggal 14 Juli 2023 Pukul 15.05 WITA dan akan tiba di Debarkasi (Asrama Haji Sudiang) Makassar : Tanggal 15 Juli 2023 Pukul 09.50 WITA dengan Nomor Penerbangan : GA 1214. (rls/roy)

ADVERTISEMENT