Lestarikan Budaya Tana Luwu, PGSD UNCP Siapkan Pementasan

561

PALOPO — Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) sedang giat-giatnya melestarikan budaya daerah khususnya budaya Tana Luwu. Hal ini terlihat saat puluhan mahasiswa UNCP sedang asyik mengikuti kegiatan latihan di alam terbuka, di pelataran halaman Stadion Lagaligo, Jalan Salak, Wara Palopo, Selasa (5/11) siang.

“Mereka adalah mahasiswa Fakultas Pendidikan Jurusan PGSD, mereka sedang mengikuti materi kuliah yang kami ajarkan di UNCP, sengaja kami ajarkan sejarah dan adat istiadat Tana Luwu mengingat mahasiswanya banyak yang berasal dari Tana Luwu, apalagi mereka nantinya adalah calon pendidik,” terang Risdayanti B, S.Pd, M.Pd
dosen muda yang akrab disapa ibu Anti oleh mahasiswanya, saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Lanjut Anti, para mahasiswa dan mahasiswi yang mengikuti latihan jumlahnya sekitar 40 orang, tergabung dalam 4 kelompok, yang setiap hari selama sebulan mengikuti kegiatan latihan sendra tari dan musikalisasi puisi, selain drama tentang Bugis juga kuliner Bugis termasuk kuliner Tana Luwu, paparnya.

Ia berharap, generasi muda di kota Palopo lebih gencar menggaungkan budaya lokal daripada budaya asing.

” Mereka sengaja diperkenalkan budaya lokal agar budaya kita tidak punah terkikis globalisasi dan era modern, dalam waktu dekat ini juga, kemungkinan besar kami akan melakukan kegiatan pementasan, soal waktunya insha Allah Desember atau Januari tahun depan, nantilah akan kami infokan, tapi intinya, kami minta support semua pihak,” ucap dosen yang menimba S2 di Universitas Negeri Malang dan berasal dari Parepare ini. (Iys)