Lewat Field Trip, Siswa SDIT Insan Madani Palopo Kenal dan Tanam Mangrove

143
Siswa SDIT Insan Madani melakukan penanaman mangrove di pantai1 Songka, Palopo. (Foto : Dok. SDIT Insan Madani)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Field trip merupakan kegiatan edukasi atau pembelajarn di luar sekolah yang dilakukan siswa SDIT Insan Madani Palopo.

Pada kesempatan, itu field trip dilakukan siswa kelas 6 SDIT Insan Madani. Kegiatan ini diadakan di Pantai 1 songka didampingi oleh Penyuluh perikanan Kota Palopo.

ADVERTISEMENT

Kegiatan ini diawali dengan sholat dhuha dan dzikir pagi bersama, kemudian setelah itu pemberian materi tentang “Mengenal Ekosistem mangrove” dan praktik bagaimana cara menanam pohon mangrove oleh Penyuluh perikanan kota palopo.

Sebelum melakukan kegiatan penanaman, siswa terlebih dahulu membersihkan sampah plastik di sekitaran pantai sambil menunggu air laut surut.

ADVERTISEMENT

Tepat pada pukul 09.30 WITA, saat air laut sudah mulai surut, seluruh siswa sangat antusias untuk bersiap-siap melakukan penanaman. “Alhamdulillah pada kesempatan ini 200 bibit mangrove berhasil ditanam di pantai 1 songka,” kata guru SDIT Insan Madani, Ikram Piddin

Fiel trip kali ini bertema “Satu Hati Jaga Bumi untuk masa depan yang lebih baik”. Sesuai dengan temanya, diharapkan kegiatan penanaman mangrove ini bisa bermanfaat kedepannya untuk masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. (*)

ADVERTISEMENT