Lewat Peringatan Hardiknas, SDN 6 Bogar Tanamkan Nilai Berkebhinnekaan Global ke Siswa

264
Kepala SDN 6 Bogar, Suciati. (Nada/ Koran Seruya)
ADVERTISEMENT

PALOPO – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 6 Bogar Kota Palopo, menanamkan nilai-nilai yang tertuang dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika sejak dini kepada para siswa.

Itu terlihat dalam upacara bendera untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman SDN 6 Bogar, Selasa (2/05/2023).

ADVERTISEMENT

Berdasarkan surat menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi nomor. 12811/MPK.A/TU.02.03/2023 tanggal 18 april 2023 perihal pedoman peringatan hari pendidikan nasional tahun 2023.

Tema yang diusung bergerak bersama semarakkan merdeka belajar dengan tujuan menanamkan rasa cinta tanah air dan wawasan kebangsaan kepada siswa sejak dini.

ADVERTISEMENT

Tenaga pendidik dan para siswa mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah, seperti baju bodo dari bugis, pakaian bali, adat jawa, tanah toraja, papua dan pakaian adat lainnya.

Meski cuaca kurang mendukung, tidak mengurangi semangat para siswa, guru termasuk orang tua yang datang untuk menyaksikan anaknya mengenakan pakaian adat.

Kepala SDN 6 Bogar, suciati mengatakan, setelah pelaksanaan upacara bendera akan dilanjutkan dengan proses belajar mengajar di dalam kelas.

“Iyah kami akan lanjutkan dengan proses belajar mengajar seperti biasa meski para siswa mengenakan pakaian adat tidak menghalangi untuk tetap beraktivitas, why not.” Ujarnya.

“Sengaja siswa diajak untuk berpakaian adat tradisional dari sabang sampai merauke supaya mereka mengenal budaya bangsa sendiri, bahwa walaupun berbeda-beda mereka tetap satu, bhineka tunggal ika,” jelasnya. (Nad)

ADVERTISEMENT