Lima Boneka Terbungkus Kafan dan Ditusuk Jarum Ditemukan Warga Saat Gali Kubur di Larompong Luwu, Ritual Santet ?

1151
Boneka yang dibungkus kafan dan ditusuk jarum ditemukan warga di kuburan. (Foto : FB Lia Narlia Nasrullah)
ADVERTISEMENT

LUWU — Sebuah video yang memperlihatkan beberapa boneka yang dibungkus kain kafan dan tusuk jarum ditemukan warga di kuburan, Larompong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu (22/12/2021). Video tersebut pertama kali diposting akun Lia Narlia Nasrullah di media sosial Facebook.

“Astagfirullahhalazim…lailahaillallah ini kejadianx di larompong,di temukan boneka yg di bungkus kain kafan kemudian di tusuk2 pakai jarum 😲😯. #kayakxinisekeluarga #bonekaditussukjarum,” tulis pemilik akun Lia Narlia Nasrullah.

Dalam video tersebut terdapat lima boneka yang sudah kusam. Boneka-boneka itu dibungkus kain kafan yang sudah bercampur tanah. Selain itu, ada pula jarum yang tertusuk di sekujur tubuh boneka.

Saat dihubungi Koran SeruYA, pemilik akun Lia Narlia Nasrullah menjelaskan saat itu, beberapa warga menggali kubur lantaran ada yang meninggal dunia. Namun mereka dikagetkan dengan penemuan boneka itu. Diduga boneka itu digunakan untuk ritual santet atau doti dalam bahasa masyarakat sekitar.

ADVERTISEMENT

“Kejadiannya di TP kuburan Puang Baba di daerah, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu. Pas ditemukan saat penggalian kuburan dimana salah satu keluarga kami mau dikebumikan. Dan pada saat berlangsung penggalian sekitar setengah meter didapat (boneka),” tuturnya kepada Koran Seruya.

Saat ini, lima boneka tersebut sudah diamankan masyarakat agar tak meresakan. “Mungkin masyarakat bawa ke pihak kepolisian,” pungkasnya. (liq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT