Lirik Potensi Santri, Ketum Forbik Lutra Sumbang Seperangkat Alat Qasida Rebbana

592
Ketum Forbik Lutra Syahruddin, saat memberikan bantuan seperangkat alat qasida rebbana kepada para Santri Ponpes Imam Syafi'i Desa Bone Subur, Sabbang
ADVERTISEMENT

Masamba — Santri Pondok Pesantren (Ponpes) Imam Syafi’i Desa Bone Subur Kecamatan Sabbang patut berbangga sebab seperangkat alat musik qasidah rebbana sekarang sudah tersedia. Tidak perlu lagi menyewa ke tempat lain saat ingin tampil dalam berbagai acara. Pasalnya pada Selasa (26/6) kemarin, Ketua Umum Forum Bikers (Forbik) Luwu Utara memberikan bantuan berupa seperangkat alat qasidah rebbana kepada Ponpes Imam Syafi’i. Batuan ini diterima salah seorang Pengurus Ponpes, Ustadz Ilham.

Ketum Forbik Lutra, Syahruddin, mengatakan, bantuan alat qasidah rebbana kepada santri diberikan karena dirinya melihat ada potensi besar yang dimiliki para santri tersebut. Namun, kata Syahruddin, di tengah potensi besar itu tersimpan keterbatasan yang dimiliki Ponpes tersebut. “Kita melihat potensi itu saat mereka tampil di acara Penyerahan Bantuan Pembebasan Lahan kemarin. Ini yang menggerakkan kita, para teman bikers, untuk memberikan bantuan tersebut melalui program Forbik Peduli Umat,” ujar Syahruddin.

ADVERTISEMENT

Program Forbik Peduli Umat, lanjut pria yang akrab disapa Ucok ini, dananya berasal dari para Bikers dan masyarakat Luwu Utara itu sendiri yang dikelola secara baik untuk kepentingan umat. “Semoga bantuan ini bermanfaat dalam mengembangkan potensi para santri dan membudayakannya dalam kehidupan bermasyarakat,” pinta Ucok.

Alat musik qasidah rebana yang diberikan merupakan alat musik yang didesain dengan ethnic pattern untuk melatih keterampilan santri dalam memainkan musik qasidah rebana yang terdiri dari 3 buah bas, 1 buah selo, 3 buah sopran, 2 buah tamborin dan terdapat juga soft case. Alat musik ini nantinya akan dimainkan saat para santri tampil pada berbagai lomba qasidah. Tentu terlebih dahulu dimainkan saat para santri latihan qasidah.

ADVERTISEMENT

Sebelumnya, Pengurus Ponpes Imam Syafi’i, ustadz Ilham, mengatakan selama ini para santri kewalahan jika ada lomba qasidah ataupun kalau ada acara-acara formal dan non formal di masyarakat. “Alhamdulillah, para santri senang karena bakatnya selain penghafal Al Qur’an, juga dapat menyalurkan bakat menyanyi dan menggendang lantunan lagu-lagu nuansa Islami” kata Ilham saat menerima bantuan perangkat alat qasidah rebbana dari Ketum Forbik Luwu Utara, Syahruddin. (LH)

ADVERTISEMENT