Lokakarya Mini di Puskesmas Wara Barat, Ibu Hamil dan Balita Perlu Perhatian Serius

92
Dinas Kesehatan Kota Palopo melalui Puskesmas Wara Barat menggelar menggelar kegiatan lokakarya mini atau lokmin lintas sektor bulanan di triwulan kedua tahun 2023, di Kantor Camat Wara Barat, Selasa (11/7/2023).
ADVERTISEMENT

PALOPO–Dinas Kesehatan Kota Palopo melalui Puskesmas Wara Barat menggelar menggelar kegiatan lokakarya mini atau lokmin lintas sektor bulanan di triwulan kedua tahun 2023, di Kantor Camat Wara Barat, Selasa (11/7/2023).

Kegiatan Lokmin ini, dalam rangka melakukan interaksi dan memberikan dukungan terhadap pelaksanaan berbagai program bidang kesehatan di wilayah Kecamatan Wara Barat, sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

ADVERTISEMENT

Salah satu pokok bahasan dalam Lokmin tersebut, yakni kunjungan ibu hamil melalui layanan kesehatan di Puskesmas Wara Barat. Terungkap, bahwa masih banyak ibu hamil, termasuk ibu membawa balita tidak datang ke Puskesmas Wara Barat dalam rangka mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Ini perlu mendapatkan solusi, agar kesehatan ibu hamil dan balita bisa terjaga. Supaya mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik,” kata Kepala Bidang Penanganan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Palopo, San Ashari.

ADVERTISEMENT

Dalam Lokmin tersebut terungkap beberapa solusi, diantaranya pihak Puskesmas Wara Barat bisa melakukan penjadwalan kegiatan layanan kesehatan, baik diadakan Puskesmas maupun tenaga medis langsung mengunjungi rumah warga.

Persoalan lain yang dibahas dalam Lokmin tersebut, yakni usulan penambahan Posyandu di Kelurahan Battang Barat, dimana akses masyarakat menuju lokasi posyandu sangat sulit. Sehingga diusulkan penambahan posyandu baru untuk memudahkan akses masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan.

ADVERTISEMENT

San Ashari dalam kesempatan tersebut mengimbau masyarakat untuk aktif dalam kunjungan pemeriksaan kesehatan, ataupun upaya-upaya pencegahan penyakit yang mengancam jiwa.

Sementara itu, Camat Wara Barat, Beni Sumbung, memberikan dukungan dan apresiasi atas terlaksananya kegiatan Lokmin, sebagai wadah sharing informasi. Tak hanya itu, dia berharap Puskesmas Wara Barat dapat memberikan laporan perkembangan pelayanan kepada masyarakat dan kepada semua pemangku kepentingan dan stakeholder di wilayah tersebut. (Nad)

ADVERTISEMENT