Lomba Permainan Tradisional Meriahkan HPRL dan HJL di Palopo, Latih Anak Tak Tergantung Smartphone

37
Lomba permainan tradisional. (Foto : Michael Gani)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Hari kedua Lomba Permainan tradisional antar sekolah se-Kota Palopo melombakan permainan Ampang, Hula Hoop dan Longga-Longga (Lari Enggrang) di Lapangan Pancasila Palopo, Jumat (20/01/2023)

Untuk lomba Ampang dan Longga diikuti siswa tingkat SMP dan Hula Hoop diikuti siswa tingkat SD. Mereka masing-masing dibagi menjadi dua kategori yaitu putri dan putri.

ADVERTISEMENT

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo Asnita Darwis yang juga sebagai ketua Panitia Lomba Permainan tradisional, mengatakan lomba tradisional ini diadakan dalam rangka menyambut Hari Jadi Luwu dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu.

“Tujuan utama dari lomba ini adalah untuk meningkatkan silaturahmi antar sekolah, menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas anak didik di bidang permainan tradisional sehingga permainan tradisional dapat tetap dilestarikan,” kata Asnita Darwis.

ADVERTISEMENT

“Selain itu, juga melatih motorik anak agar tidak bergantung dengan gadget, semoga dengan adanya lomba ini anak-anak kita lebih berbudaya. Selain itu, melalui lomba ini siswa dapat memupuk serta meningkatkan jiwa sportifitas,” tambahnya.

Ada juga lomba lari karung dan Lomba Katto-Katto yang telah dilaksanakan pada pembukaan lomba.

ADVERTISEMENT

Lomba yang dibuka pada 19 Januari lalu, diikuti sebanyak 75 SD dengan jumlah peserta 409 dan ada 19 SMP yang turut berpartisipasi dengan jumlah peserta sebanyak 138. Lomba tradisional ini, baru pertama kali diadakan sejak beberapa tahun terakhir akibat pandemi.

Meski begitu, antusias dan semangat para siswa sangat tinggi mengikuti lomba permainan tradisional ini. Ribuan masyarakat Palopo juga turut hadir menyaksikan langsung kemeriahan kegiatan dalam rangka menyambut hari bersejarah di Tana Luwu ini.

Selain Lomba permainan tradisional, Panitia HJL dan HPRL juga bakal menggelar karnaval kebudayaan pada 21 Januari 2023 yang bakal diikuti ribuan peserta termasuk siswa sekolah dari berbagai sekolah yang ada di Palopo. (mic)

ADVERTISEMENT