Long Weekend, Dukcapil Palopo Tetap Buka Layanan Publik, Intip Lokasi dan Jamnya

70
ADVERTISEMENT

PALOPO–Liburan panjang serta cuti bersama (long weekend) mewarnai akhir bulan Oktober kali ini.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Bayangkan, sejak Rabu 28 Oktober kemarin hingga Minggu, 1 November 2020 mendatang, baik instansi maupun lembaga pendidikan, diliburkan oleh pemerintah.

ADVERTISEMENT

Namun, libur panjang ini tak berlaku bagi jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) kota Palopo.

Melalui saluran WhatsApp, Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data, Syamsuriadi Nur S.STP, Jumat 30 Oktober 2020 mengatakan, saat ini Dukcapil tetap melayani masyarakat yang ingin mengurus E-KTP dan Kartu Identitas Anak (KIA) baik perekaman maupun pencetakan dan layanan Dukcapil lainnya.

ADVERTISEMENT

“Kami meski libur tetap buka, dari jam 8 pagi hingga jam 12 siang di di MPP atau Mal Pelayanan Publik,” ujar Syamsuriadi.

Selain itu, masih lanjut dia, Dukcapil Palopo, kini sudah menggunakan sistem cetak dokumen jarak jauh, sehingga warga yang datang mengurus dokumen kependudukan, tak perlu lagi repot-repot datang kembali ke kantor Dukcapil atau ke MPP, mereka sisa menunggu di rumah sampai kartu/suratnya jadi.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

“Selain E-KTP dan KIA, karena yang itu masih harus dicetak pakai blanko, kita di Dukcapil juga sudah terapkan cetak sendiri dokumen administrasi kependudukan (Adminduk) misalnya Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan dan sebagainya,” ucap Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data.

“Caranya, warga yang datang (ke Dukcapil) harus memiliki E-mail, jadi begitu selesai kita langsung kirimkan layanan yang dia urus di Dukcapil, ke alamat email yang sudah ia buat sendiri sebelumnya, yang ia tulis di blanko saat mengurus surat-surat di Dukcapil,” terang Ancu, sapaan akrab pria berkacamata itu. (iys)

ADVERTISEMENT