Longsor Putus Akses 6 Desa di Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu

247
ADVERTISEMENT

LUWU——Kecamatan Latimojong kabupaten Luwu, saat ini tengah berada di puncak musim hujan. Hujan yang terjadi mulai dari beberapa Minggu yang lalu, menyebabkan beberapa ruas jalan ke Latimojong mengalami longsor.

Terkhususnya di Desa Pajang, jalan poros Kadundung-Pajang satu Minggu yang lalu mengalami longsor yang menyebabkan pengguna jalan harus menggotong kendaraan jika ingin lewat.

“Bencana longsor yang berada di Desa pajang sudah terjadi satu Minggu yang lalu. Hingga hari ini, belum ada satupun alat berat yang dikerahkan untuk membersihkan material longsor,” ujar Isriadi yang merupakan kader HMI Cabang Palopo.

Seperti yang diketahui bersama, kecamatan Latimojong merupakan salah satu kecamatan yang rawan bencana alam khususnya longsor. Sehingga pihak terkait sudah harus bisa memetakan dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan jika bencana terjadi.

ADVERTISEMENT

“Latimojong adalah wilayah langganan Bencana Alam, Terkhusus di desa pajang itu ada satu titik lokasi yang setiap hujan deras pasti akan ada longsoran baru. Seharusnya pihak BPBD kab Luwu sudah harus siap siaga mengantisipasi bencana tersebut. Sehingga jika bencana terjadi, tidak lagi membutuhkan waktu yang lama untuk bisa langsung ditindaklanjuti dan di bersihkan,” tutup Isriadi.

Longsor yang terjadi di desa pajang kecamatan Latimojong harus mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah kabupaten Luwu. Sebab titik longsor yang terjadi di desa pajang, menutup seluruh badan jalan yang merupakan akses utama dari masyarakat 6 desa di kecamatan Latimojong.

Efisiennya harus ada alat berat yang berada di kecamatan Latimojong. Sehingga jika terjadi bencana, bisa langsung turun untuk melakukan pembersihan material agar beberapa desa di Latimojong tidak terisolir.

(*)

ADVERTISEMENT