Luar Biasa, Luwu Timur Satu-satunya di Sulsel Terima Penghargaan APBD Award 2023

75
ADVERTISEMENT

JAKARTA — Setelah sukses meraih penghargaan UHC Award dari Kemenkes RI atas komitmen terhadap jaminan Kesehatan bagi warganya, hari ini, Kamis (16/03/2023), Kabupaten Luwu Timur kembali mendapatkan penghargaan dari Wakil Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) RI yakni APBD Award 2023 Peringkat V atas Realisasi Pendapatan Tertinggi, Belanja Daerah Tertinggi, dan Peningkatan PAD tertinggi APBD Tahun 2022.

Penghargaan ini cukup membanggakan karena Untuk Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Luwu Timur satu-satunya yang berhasil memperoleh penghargaan APBD Award 2023 ini.

ADVERTISEMENT

Penyerahan Piagam Penghargaan tersebut dilakukan langsung oleh Dirjen Bina Bangda Kemendagri RI, Ir. Restuadry Daud, M.Sc, kepada Sekretaris Daerah Lutim, H. Bahri Suli mewakili Bupati, didampingi Sekretaris Bapenda Lutim dan Kabid Anggaran, yang berlangsung di Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta.

Wakil Mendagri RI, John Wempi Wetipo, S.H., M.H. dalam sambutannya mengatakan, kepala daerah yang diundang untuk mendapatkan award ini yang berhasil melakukan beberapa hal, diantaranya: 1. Yang paling tinggi terhadap realisasi penyerapan anggaran, 2. Percepatan administrasi dan laporan pertanggungjawaban kegiatan, 3. Melakukan penyederhanaan bentuk kontrak dan bukti pertanggungjawaban pelaksanaan pengadaan barang dan jasa dengan tetap mempedomani peraturan perundang-undangan, 4. Mendorong peran aktif dalam melakukan review terhadap dokumem perencanaan dan keuangan, dan 5. Meminta pendampingan atau asistensi APH dan KPK.

Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur H. Bahri Suli mengucap syukur karena Luwu Timur kembali meraih penghargaan dari Wamendagri yakni APBD Award 2023. Menurut H. Bahri Suli, keberhasilan Luwu Timur menerima Anugerah APBD Award 2023 Peringkat ke V karena merupakan satu-satunya Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan yang Realisasi Pendapatannya Tertinggi, Belanja Daerahnya Tertinggi, dan Peningkatan PAD nya juga tertinggi pada APBD Tahun 2022 yakni 96,96%, Kategori Kabupaten. “Alhamdulillah, semoga tahun depan prestasi ini bisa lebih ditingkatkan lagi, kalau bisa kita mencapai angka 100%,” kata Sekda Lutim. (rls/roy)

ADVERTISEMENT