Luhut Pandjaitan Berkunjung Dua Hari di Luwu Timur, Ini yang Dilakukan ..

101
ADVERTISEMENT

SOROWAKO — Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyambut kedatangan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Jenderal TNI (Purn.), Luhut Binsar Pandjaitan beserta rombongan yang tiba di Bandara Sorowako, Sabtu (26/11/2022). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Jenderal TNI (Purn), Luhut Binsar Pandjaitan datang ke Luwu Timur untuk melakukan Kunjungan kerja dalam rangka peninjauan fasilitas PT. Vale Indonesia Tbk. selama dua hari.

Selain Bupati, turut hadir pula unsur Forkopimda Luwu Timur diantaranya Ketua DPRD, Aripin, Kapolres, AKBP. Silvester MM. Simamora, Dandim 1403 Swg, Letkol Inf. Afriadi Nidjo, Presiden Direktur PT. Vale Indonesia, Febriany Eddy dan jajaran PT. Vale Indonesia Tbk. Bupati Budiman mengucapkan selamat datang di Luwu Timur Bumi Batara Guru. Wanua Mappatuo Naewai Alena, yang artinya negeri ini ramah terhadap seluruh siapapun yang datang.

ADVERTISEMENT

“Kami meyakini bahwa jika ada pemimpin yang hadir ditempat ini, Insha Allah akan membawa kebaikan-kebaikan termasuk di Bumi Batara Guru yang kita cintai bersama,” Kata Bupati Luwu Timur. Pada malam ramah tamah di TAB, Bupati memberikan gambaran singkat terkait Luwu Timur, di daerah ini pula berdiri salah satu tambang Nikel terbesar di dunia yang kapasitas ekspornya menyumbang lebih dari separuh total kapasitas ekspor Sulawesi Selatan.

“Dengan panjang garis pantai 117,4 km, Kabupaten Luwu Timur memiliki potensi kawasan budidaya laut yang cukup besar seperti potensi perikanan dan rumput laut. Belum lagi disektor pertanian dan perkebunan, kami memiliki berbagai komoditas unggulan seperti padi, jagung, kakao, lada, kelapa sawit dan berbagai komoditas lainnya,” sebut Bupati.

ADVERTISEMENT

Selain itu potensi keunggulan lainnya, masyarakat Kabupaten Luwu Timur sangat plural dan penuh keanekaragaman budaya. Berbagai suku, adat, budaya dan tradisi yang berkembang dimasyarakat juga menjadi salah satu potensi yang sangat besar dalam mendukung sektor pariwisata dan budaya di daerah ini.

Menurut Bupati, hubungan komunikasi dengan PT. Vale tentunya akan terus diperbaiki dengan membangun kolaborasi yang produktif saling memberikan masukan. Apalagi, PDRB Luwu Timur 40% dikonstribusikan dari sektor tambang.

ADVERTISEMENT

“Keberlangsungan operasi PT. Vale harus terus di dukung agar dapat berkontribusi, peningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di kabupaten Luwu Timur. Melalui program sosial PT. Vale ikut juga mendukung pertumbuhan ekonomi dengan memperkuat produk unggulan di kawasan perdesaan pada program pengembangan kawasan perdesaan dan mendukung arah kebijakan Kabupaten Luwu Timur dalam mendukung pembangunan dan Pendidikan,” ungkapnya.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Jenderal TNI (Purn), Luhut Binsar Pandjaitan mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya atas sambutan dari Manajemen PT. Vale Indonesia dan Bupati Luwu Timur serta seluruh jajaran Forkopimda dalam penyambutannya. (rls)

ADVERTISEMENT