Lupa Lepas Tali Pocong, Makam Dibongkar Warga

1128
ADVERTISEMENT

KLATEN – Kejadian unik terjadi di Desa Bulusan, Kecamatan Karangdowo, Klaten, Jawa Tengah. Warga terpaksa membongkar makam salah satu kerabat mereka.

Alasannya, mereka lupa melepas tali pocong kerbatnya itu. “Betul ada makam dibongkar dan tali pocong dilepaskan,” ujar Kades Bulusan, Heri Purwoko, seperti dilansir dari detikcom, Rabu (21/7/2021).

ADVERTISEMENT

Jenazah itu sendiri meninggal dunia lantaran jantung. Tali pocong yang lupa dilepas ini diketahui aparat dari laporan keluarga ke pihak pemerintah desa setempat. Saat dibongkar, ternyata benar jenazah belum dilepas tali pocongnya. Setelah selesai dimakamkan kembali.

“Ya memang belum dilepas. Setelah itu ya dikuburkan kembali,” pungkas Heri.

ADVERTISEMENT

Terpisah, Kapolsek Karangdowo AKP Aleg Ipanudin membenarkan pembongkaran makam karena tali pocong yang lupa dilepas tersebut. Pembongkaran makam itu berlangsung pada Minggu 18 Juli 2021 lalu.

“Tim yang melaksanakan pembongkaran dari desa di bantu team relawan Rekad Karangdowo plus Polsek,” kata Aleg.

ADVERTISEMENT

Koordinator relawan Rekad Kecamatan Karangdowo, Husni Thamrin, menambahkan timnya menangani pembongkaran makam tersebut. Dia memastikan jenazah yang makamnya dibongkar tersebut bukan pasien COVID.

Timnya, hanya membantu melepas tali pocong pada jenazah. Sedangkan proses pembongkaran makam dilakukan oleh warga sekitar. “Jadi yang terjadi di Desa Bulusan itu bukan jenazah COVID tapi meninggal biasa, bukan prokes. Dan keluarga kelupaan melepas tali pada jenazah,” jelas Husni. (*/liq)

ADVERTISEMENT