Lurah Salobulo Palopo Dampingi Tim Periksa Ternak Terindikasi PMK

58
Lurah Salobulo, Kota Palopo, Nuansa Herman Sada melakukan pemeriksaan hewan ternak dapi dan kerbau yang ada di wilayahnya. Dalam kegiatan itu, dia didampingi Bhabinkamtibmas, Aiptu Prayudi, Babinsa Serda Harimin dan tim Balai Kesehatan Hewan Ternak Maros. (Foto : Dok. Kelurahan Salobulo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Lurah Salobulo, Kota Palopo, Nuansa Herman Sada melakukan pemeriksaan hewan ternak dapi dan kerbau yang ada di wilayahnya, Sabtu (23/7/2022). Dalam kegiatan itu, dia didampingi Bhabinkamtibmas, Aiptu Prayudi, Babinsa Serda Harimin dan tim Balai Kesehatan Hewan Ternak Maros.

Dalam kegiatan itu, tim mengambil sampel dua ekor sapi yang terindikasi terkena penyakit mulut dan kaki (PMK) di Koperasi pemotongan hewan kurban. Pengambilan sampel ini dilakukan untuk mengetahui memastikan kebenaran apakah hewan ternak itu terinveksi PMK.

ADVERTISEMENT

“Kami hanya mendampingi tim dari Balai Kesehatan Hewan Ternak Maros. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran PMK terhadap hewan ternak,” ungkap Lurah Salobulo.

Selain itu, perangkat Kelurahan Salobulo mengimbau masyarakat untuk memeriksa secara teliti kesehatan hewan kurban sebelum disembelih.

“Kami juga meminta masyarakat untuk tidak termakan isu hoaks yang dapat meresahkan keamanan dan ketertiban. Bila terjadi sesuatu di tengah masyarakat, segera laporkan ke Kelurahan Salobulo,” jelasnya.

Sementara itu, Aiptu Prayudi meminta warga untuk lebih berhati-hati dalam menyembelih hewan ternak. Bila hewna ternak sakit, dia meminta warga untuk terlebih dahulu memeriksakan hewan itu ke Dinas Pertanian, Peternakan, dan perkebunan Kota Palopo.

“Jangan buat isu yang dapat meresahkan masyarakat. Bila terjadi sesuatu segera laporkan ke Kelurahan,” pungkas Aiptu Prayudi. (liq)

ADVERTISEMENT