Lutim Susun Rencana Operasional Germas 2019

239
ADVERTISEMENT

LUTIM – Dinas Kesehatan Luwu Timur menyusunan Rencana Operasional Germas 2019 bersama Lintas Sektor, bertempat di Balroom Hotel I Lagaligo, Kec. Malili, Senin (08/04/2019). Kegiatan itu dibuka oleh Asisten Administrasi Umum, Aini Endis Anrika, mewakili Bupati Luwu Timur.

Penyusunan Rencana Operasional Germas 2019 dimaksudkan untuk mengoptimalkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sekaligus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat.

ADVERTISEMENT

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Balobo Abbas melaporkan bahwa, pertemuan Rencana Operasional Germas ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Lintas sektor/OPD terkait tugas dan fungsinya secara khusus membahas rencana operasional kegiatan Germas di masing-masing OPD sesuai Inpres No. 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 orang peserta dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum, Aini Endis Anrika dalam sambutannya mengatakan bahwa, Indonesia saat ini telah mengalami perubahan pola penyakit dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, kanker dan penyakit tidak menular lainnya.

Peningkatan kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) ini tentu saja akan menambah beban masyarakat jika tidak ada upaya serius yang dilakukan secara signifikan, maka kecenderungan kesakitan, permintaan pelayanan kesehatan hingga kematian akan terus mengalami peningkatan.

“Meningkatnya penyakit tidak menular ini disebabkan oleh perubahan pola hidup masyarakat yang cenderung tidak aktif secara fisik, rendahnya minat mengkonsumsi buah dan sayur namun lebih banyak, serta mengkonsumsi rokok dan alkohol,” kata Endis.

Namun, kata Endis, dengan terus menerus melakukan upaya promotif dan preventif melalui Germas, peningkatan angka kematian dan kesakitan akibat penyakit menular maupun tidak menular dapat ditekan dan dicegah secara efektif.

“Saya berharap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dapat dijadikan sebagai panduan bagi lintas sektoral untuk berpartisipasi aktif dalam mendorong masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi masyarakat untuk menerapkan pola hidup yang sehat,” ungkapnya.

Selain itu, ia menambahkan, dengan adanya susunan rencana operasional Germas ini, diharapkan agar dapat meningkatkan peran lintas sektoral dalam Germas dan Informasi Pedoman Umum tentang program Germas dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas. (ikp/kominfo)

ADVERTISEMENT